3 Langkah Ampuh Atasi Jerawat Timbul Akibat Stres saat Jadi Korban Banjir

Pradita Ananda, Jurnalis · Selasa 07 Januari 2020 13:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 07 481 2150162 3-langkah-ampuh-atasi-jerawat-timbul-akibat-stres-saat-jadi-korban-banjir-YI1EuEtb9z.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

JERAWAT timbul akibat berbagai faktor. Mulai karena pola diet, perubahan musim, rutinitas membersihkan wajah yang tidak tepat, hingga alami stres.

Maka tak ayal jika stres jerawat timbul di wajah yang pasti menyebalkan. Sebab stres dapat meningkatkan produksi kartisol, sehingga membuat hormon memproduksi lebih banyak minyak.

Stres memang dapat dialami siapa saja dalam kondisi tertentu. Misalnya sebelum kencan pertama, sesaat sebelum ujian penting atau stres karena menjadi korban banjir, seperti yang dialami oleh sebagian besar masyarakat Jakarta sekarang. Di saat itu, mungkin jerawat timbul di wajah dan perlu segera diatasi.

Ada langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasi jerawat timbul di wajah. Simak tiga ulasannya di bawah ini, dilansir Okezone dari Teenvogue, Selasa (7/1/2020).

1. Jangan malas perawatan dasar

cuci muka

Langkah nomor satu ialah tidak melewatkan ritual perawatan dasar yang krusial, jika ingin punya kulit bersih dari jerawat. Selalu cuci bersih wajah dua sampai tiga kali dalam sehari jika banyak kegiatan yang menguras keringat.

Lalu jangan lupa untuk selalu melindungi kulit dengan menggunakan sabun pembersih wajah, ekfoliasi secara rutin dan tidak lupa mengoleskan pelembap setiap hari. Untuk sabun pembersih wajah, pilih pembersih yang mengandung bahan-bahan yang bisa memerangi jerawat contohnya benzoyl peroxide, niacinamide atau sulfur.

2. Kendalikan stres

jerawat

Mengendalikan stres memang tidak mudah, tapi bukan berarti kita tidak bisa mencobanya kan? Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi level stres, misalnya ambil waktu kosong di sela-sela kegiatan harian.

Lakukan sesuatu yang membuat diri Anda rileks dan nyaman. Bisa dengan yoga, meditasi, olahraga atau apapun, sehingga level stres tidak lagi tinggi.

3. Pertimbangkan untuk mengubah diet

diet

Percaya atau tidak, pola diet yang dijalani itu berpengaruh langsung terhadap jerawat. Alih-alih mengonsumsi makanan tinggi tingkat glikemiknya seperti pasta, roti, pizza dan lain-lain, disarankan untuk mengonsumsi makanan rendah glikemik, bisa ubi, biji-bijian dan kacang-kacangan.

Selain itu, sebisa mungkin hindari kudapan ringan yang Anda pikir dapat memicu timbulnya jerawat, seperti produk olahan susu dan whey protein. Andalkan buah-buahan dan sayuran dalam menu makan sehari-hari, yang berfungsi sebagai antioksidan dan pelindung dari radikal bebas saat sedang stres. Untuk sumber protein, bisa pilih daging ayam atau ikan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini