nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ternyata Kegiatan Ini Bikin Lebih Bahagia daripada Punya Uang Loh

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 08 Januari 2020 10:34 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 08 481 2150518 ternyata-kegiatan-ini-bikin-lebih-bahagia-daripada-punya-uang-loh-k74gsa0yVj.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

LAGI cekak di awal tahun ini? Memang memiliki uang akan membuat kita bias bersenang-senang, belanja sana sini atau mungkin nonton dan makan dengan pacar. Tapi jangan salah, ada loh hal yang bisa membuat kita lebih bahagia dibandingkan memiliki uang.

Peneliti Oxford dan Yale menyatakan bahwa olahraga dianggap lebih membuat seseorang bahagia dibandingkan uang. Olahraga menjadi salah satu cara untuk seseorang mendapatkan kesehatan mental dan ini alasannya.

Dilansir dari Business Insider, dalam studi yang dipublikasi di The Lancet, para ilmuwan mengumpulkan data tentang perilaku fisik dan suasana hati dari 1,2 juta koresponden Amerika Serikat.

Dilansir dari Business Insider, dalam studi yang dipublikasi di The Lance

Peserta diminta menjawab pertanyaan ini, 'Berapa kali Anda merasa tidak sehat secara mental dalam 30 hari terakhir ini, misalnya karena stres, depresi, atau masalah ekonomi?'. Selain itu, peserta juga ditanya tentang pendapatan dan aktivitas fisik.

Hasilnya menyatakan, mereka yang berolahraga secara teratur cenderung merasa buruk selama 35 hari per tahun, sementara itu peserta yang tidak aktif merasa buruk sepanjang 18 hari lebih.

Selain itu, para peneliti menemukan bahwa orang yang aktif secara fisik, merasa sama baiknya dengan mereka yang tidak berolahraga tetapi berpenghasilan sekitar USD25.000 setahun atau sekira Rp349 juta.

Dengan kata lain, mereka yang tidak olahraga baru bisa mencapai kebahagiaan ketika mereka sudah memiliki penghasilan sebesar itu, sedangkan mereka yang berolahraga sudah bisa merasa bahagia dengan cukup melakukan aktivitas fisik.

Sementara itu, Sosiolog Universitas Indonesia Roby Muhamad coba menjelaskan perspektif ini dengan suatu perumpamaan yang lebih sederhana.

Roby Muhamad coba menjelaskan perspektif ini dengan suatu perumpamaan yang lebih sederhana.

Ya, menurutnya, ketika seseorang masih kurang dalam hal ekonomi, kebahagiaan mereka masih ada di uang. Material masih menjadi target utamanya. Namun, ketika sudah diraih, mereka akan bosan. "Ini manusiawi sekali," ungkapnya saat ditemui Okezone di kawasan Jakarta Selatan.

Roby melanjutkan, makanya untuk menghilangkan rasa bosan itu, maka mereka yang sudah stabil dalam hal ekonomi, akan mencari hal lain yang bisa ia capai, ya, salah satunya olahraga. Sebab, dengan berolahraga juga tubuh selain sehat tetapi merasa bahagia akibat hormon endorfin yang muncul setelah berolahraga.

"Jadi, olahraga akan lebih memicu hormon yang memberikan perasaan bahagia dan ini akan memberi efek bahagia tersebut. Bahagia di sini sesuatu non-materi, ya," pungkasnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini