Heboh Youtuber Buang Tahi Lalat dengan Kapur Sirih dan Sabun Colek, Begini Peringatan Dokter!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 08 Januari 2020 12:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 08 481 2150571 heboh-youtuber-buang-tahi-lalat-dengan-kapur-sirih-dan-sabun-colek-begini-peringatan-dokter-LMCOBP23dc.jpg Ilustrasi (Foto : Helpguide)

Media sosial dikejutkan dengan unggahan @venthestic yang menunjukan foto 'menyeramkan'. Foto tersebut menjelaskan bagaimana seorang Youtuber membuang tahi lalat dengan kapur sirih dan sabun colek, sementara foto di sampingnya efek samping yang dialami orang lain.

Unggahan 'from this to this' ini menyita perhatian netizen. Sampai berita ini dimuat Okezone, sudah ada 1.487 netizen yang menyukai isu tahi lalat ini, sementara itu ada ratusan komentar yang masuk. Tentu, netizen menyayangkan tindakan 'penyesatan' yang dilakukan si Youtuber tersebut.

Lantas, bagaimana cara membuang tahi lalat yang disarankan si Youtuber dengan nama akun Marisha Chacha tersebut? Ingat, ini adalah tindakan sesat yang tidak boleh dilakukan oleh siapa pun dalam kondisi apapun!

Tahi Lalat

Jadi, menurut penjelasan Marisha, ia hanya membutuhkan dua bahan untuk membuang tahi lalatnya, yaitu kapur sirih dan sabun colek. Cara membuat 'adonannya' mudah, Anda tinggal mencapurkan kedua bahan tersebut dengan perbandingan 1:1.

Jika sudah, Anda diminta untuk mengoleskan 'adonan' tersebut ke tahi lalat yang ingin dihilangkan. Marisha menekankan agar menaruh adonan tersebut hanya di atas tahi lalat, jangan melebar kemana-mana. Setelah itu tunggu sampai tahi lalat benar-benar lepas dari 'tempatnya'.

Dalam kolom komentar, Marisha menuturkan bahwa kapur sirih dan sabun colek berhasil membuang tahi lalatnya. Namun, dia mengatakan jika setiap kulit orang bisa berbeda-beda reaksinya terhadap campuran tersebut. 

"Aku sudah tiga kali melakukan ini dan di kulit aku aman. Setiap kulit orang berbeda-beda reaksinya," tuturnya dalam kolom komentar unggahan Youtube tersebut.

Cara 'sesat' berdampak kematian

Mengetahui adanya kasus ini, Okezone coba mengonfirmasi Dokter Spesialis Kulit Awal Bros dr Dia Febrina, SpKK, untuk menanyakan kebenaran informasi tersebut. Dengan tegas dr Dia, sapaan akrabnya, itu adalah hoaks menyesatkan yang tidam boleh dipraktikan siapa pun.

Menurut penuturan dr Dia, penggunaan kapur sirih dan sabun colek untuk kulit saja sudah keliru. "Dua bahan itu memiliki sifat mengiritasi kulit, jadi kalau diaplikasikan sekaligus ke kulit, ya, dampaknya sangat bahaya," terangnya melalui sambungan telepon, Rabu (8/1/2020).

Tahi Lalat

Dokter Dia melanjutkan, dirinya pernah menangani kasus serupa beberapa tahun lalu. Pasien datang dengan kondisi borok yang sudah parah. Bahkan, borok tersebut cukup dalam dan ini sangat membahayakan jika dibiarkan.

Dengan kondisi demikian, dr Dia melakukan serangkaian pengobatan untuk meringankan kondisi, meski pada akhirnya luka tersebut tidak bisa mulus kembali.

Terkait dengan kabar menghilangkan tahi lalat dengan kapur sirih dan sabun colek, dr Dia menjelaskan bahwa kondisi tersebut bisa menjadi awal dari masalah baru yang lebih serius.

"Masalah setelah timbul borok antara lain terbentuknya keloid atau 'daging baru' di area yang bermasalah. Selain itu, area yang bermasalah juga akan bopeng karena perbaikan sel kulit tidak sempurna," paparnya.

Tahi Lalat

Masalah serius yang mesti dikhawatirkan adalah perlakuan seperti itu bisa saja meningkatkan risiko terbentuknya sel kanker kulit atau melanoma yang serius. Kalau sudah begini, akan sangat mudah sel kanker metastase ke bagian tubuh lain, salah satunya adalah paru-paru. "Kalau sudah begini, kematian jadi risiko terparahnya," sambungnya.

1
3
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini