nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gara-Gara Popcorn Terselip di Gigi, Pria Ini Jalani Operasi Jantung

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 08 Januari 2020 15:31 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 08 481 2150624 gara-gara-popcorn-terselip-di-gigi-pria-ini-jalani-operasi-jantung-gNO1NFf8rb.jpg Ilustrasi (Foto : Nydailynews)

Mulai sekarang jangan pernah sepelekan hal kecil. Ya, hanya karena popcorn terselip di sela-sela gigi, pria berusia 41 tahun ini mesti jalani operasi jantung serius.

Kejadian ini pun tak ia sangka. Hanya karena bagian popcorn yang ia makan, dirinya mesti melewati masa-masa kritis dalam hidupnya. Syukurnya, pria ini berhasil melewati operasi jantung serius yang bisa saja itu adalah momen terakhirnya ada di dunia.

Dilansir dari Washington Post, Adam Martin yang merupakan nelayan di Coverack belum lama ini pulih setelah menjalani operasi jantung. Kemudian, ia membagikan kisah ini sebagai pengingat kita semua.

Menurut penuturannya, ia dan sang istri, Helen, menikmati sekantung popcorn yang mereka buat di rumah. Popcorn tersebut Martin makan saat menonton film kesukaan mereka berdua.

Nah, seketika ada satu popcorn yang terselip di sela-sela gigi sebelah kiri. Martin pun berusaha untuk mengeluarkannya namun sulit karena bagian popcorn lainnya masuk ke area gusi. Alhasil, tiga hari lamanya Martin dibuat tersiksa karena popcorn tersebut.

Makan Popcorn

Untuk mengeluarkan popcorn tersebut, Martin menggunakan berbagai cara, termasuk tusuk gigi, ujung pulpen, sepotong kawat, hingga paku logam. Namun, semua usaha Martin sia-sia, yang ada ia menderita karena bagian gigi dan gusinya luka akibat tindakan di area tersebut.

Dilaporkan Cornwall Live, kondisi Martin semakin tidak membaik berminggu-minggu. Tubuhnya merasa kelelahan dan berkeringat saat malam hari. Tidak kuat menghadapi kondisi tersebut, Martin akhirnya mengunjungi dokter di wilayah rumahnya dengan alasan dia pilek.

Martin pun ke rumah sakit pada 7 Oktober 2019. Pemeriksaan pun dilakukan dan didapati bahwa jantung Martin melemah. Berdasar tes darah, didapati bahwa jantung Martin mengalami peradangan.

Setelah itu, dokter memberikan obat-obatan yang dapat meringankan kesakitan yang dirasakan mantan tentara Inggris tersebut. Namun, 'flu' yang dikeluhkan Martin tidak segera pulih.

Kondisi Martin makin buruk

Ya, Martin berharap obat-obatan yang diberikan dokter dapat meringankan penyakitnya, namun itu hanya angan belaka. Bahkan, ia mengalami masalah pada lesi janeway-nya yang mana ini merupakan tanda endokarditis bakteri, infeksi dari lapisan jantung yang disebabkan oleh bakteri.

Diterangkan dalam Mayo Clinic, infeksi ini dapat sangat merusak atau bahkan menghancurkan katup jantung jika tidak segera diobati.

Popcorn

Sebelas hari setelah kunjungan pertamanya ke dokter, Martin mengeluhkan kondisi yang semakin parah. Ia mengaku tidur lebih lama dari biasanya dan yang membuatnya khawatir adalah nyeri di kakinya itu terasa sangat sakit. Akhirnya ia kembali mengunjungi dokter dan diketahui ia mengalami endokarditis.

"Saya merasa sangat kesakitan dan saya tahu ini tidak benar," kata Martin.

Setelah diagnosa keluar, dokter mempertanyakan apa yang sebenarnya terjadi. Martin pun menjelaskan kasus terselipnya popcorn di sela giginya. "Saya tidak menyangka hal sepele seperti itu bisa menyebabkan kesakitan yang luar biasa," keluhnya.

Dokter memberitahu Martin bahwa andaikan ia datang dengan keluhan dan diagnosa yang tepat, masalah yang ia alami tidak akan jadi separah ini. Dokter hanya butuh antibiotik untuk membuat semuanya kembali membaik. Tapi, semua terlambat, Martin mesti menjalani operasi jantung yang mempertaruhkan nyawanya.

Popcorn

Ya, ayah dari tiga anak itu harus menjalani operasi hampir lima jam untuk menghilangkan gumpalan yang terinfeksi dari kakinya serta menjalani operasi 'open-heart'.

Tiga hari dirawat di rumah sakit, infeksi di kaki Martin ternyata membawa dampak buruk bagi kesehatan tubuhnya. "Hati saya tidak berfungsi dengan baik lagi," katanya. Setelah menjalani serangkaian operasi, Martin pun mengatakan bahwa dirinya tidak akan pernah makan popcorn lagi.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini