nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

WHO Sebut Kecanduan Main Game Bentuk Gangguan Mental, Kenali 3 Tandanya

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 08 Januari 2020 17:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 08 481 2150664 who-sebut-kecanduan-main-game-bentuk-gangguan-mental-kenali-3-tandanya-qZi2sndF8q.jpg Ilustrasi (Foto : Abc.net)

Kehadiran game di ponsel menjadi hiburan tersendiri bagi sebagian orang. Entah itu game online maupun offline. Sayangnya, bermain game di ponsel terkadang membuat seseorang lupa diri hingga mengalami kecanduan.

Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO baru-baru ini mengklasifikasikan kecanduan game di ponsel sebagai salah satu bentuk gangguan mental. Gangguan mental akibat game di ponsel ditandai dengan keinginan untuk terus-menerus bermain sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari.

Biasanya saat sedang melakukan suatu pekerjaan ada keinginan untuk bermain. Tanpa disadari, keinginan itu semakin meningkat dari waktu ke waktu.

Main Game

Melansir Asia One, Rabu (8/1/2020), ada tiga tanda seseorang kecanduan game di ponsel. Pertama, kurangnya kontrol terhadap permainan. Mulai dari waktu yang dihabiskan untuk bermain, seberapa dalam terhanyut di permainan, tidak mau atau tidak bisa menghentikan sesi permainan berdasarkan keinginan sendiri, hingga menggunakan cara tidak jujur untuk melanjutkan bermain game seperti ​​berbohong dan bolos sekolah.

Tanda kedua adalah bermain game menjadi prioritas utama di atas semua hal lain dalam kehidupan nyata. Contoh pada anak-anak, daripada belajar untuk ujian mereka malah begadang untuk menaikkan level permainan. Selain itu, kegiatan sehari-hari lainnya dan bahkan kebersihan pribadi cenderung diabaikan.

Main Game

Tanda yang terakhir yakni terus terlibat dengan game meskipun ada konsekuensi negatif yang diterima, misalnya ditegur. Mereka yang kecanduan lebih memilih mengabaikan hal negatif yang didapatkannya. Kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan hubungan yang signifikan, kinerja akademik, dan kebersihan pribadi.

Hingga saat ini, untuk mendiagnosis seseorang kecanduan bermain game di ponsel membutuhkan pemeriksaan formal selama 12 bulan. Selama pemeriksaan akan dilihat apakah tanda-tanda yang disebutkan di atas bertahan selama 12 bulan atau tidak.

Main Game

Namun, apabila gejala-gejalanya sangat parah, maka waktu yang dibutuhkan untuk memberikan diagnosis dapat dipersingkat.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini