9 Akar Tanaman Herbal yang Bisa Menjaga Kesehatan Ginjal

Suherni, Jurnalis · Rabu 08 Januari 2020 20:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 08 481 2150736 9-akar-tanaman-herbal-yang-bisa-menjaga-kesehatan-ginjal-LssqdO0wQw.jpg Ilustrasi. (Foto: Foodeatsafe)

MENJAGA kesehatan ginjal wajib dilakukan oleh semua orang. Anda bisa mengonsumsi ramuan herbal dari beberapa akar tanaman untuk detoksifikasi ginjal.

Namun sayangnya, tak banyak orang yang mau menjaga kesehatan ginjal dalam kehidupan sehari-hari. Tak heran kalau banyak orang mengidap penyakit gangguan ginjal sampai hidup dengan satu ginjal saja.

Padahal ginjal berfungsi membuang limbah dan racun dari darah. Cara terbaik untuk menjaga kesehatan ginjal yakni minumlah banyak air putih, lalu Anda akan rutin buang air kecil setiap hari.

Dilansir Okezone dari Foodeatsafe, ada juga beberapa akar tanaman yang bisa menjadi ramuan untuk membersihkan ginjal. Berikut ulasan selengkapnya yang bisa Anda simak.

1. Chanca piedra

akar tanaman herbal

Chanca Piedra merupakan ramuan Amerika Selatan dengan uji klinis yang mendukung. Ramuan ini diklaim menjadi "pemecah batu" alias membantu mencegah batu ginjal. Karena fungsinya dapat merelaksasi uretra, menyapu fragmen batu atau meningkatkan kalsium. Kebanyakan orang menggunakan chanca piedra sebagai minuman seperti teh. Secara umum akar tanaman herbal ini dianggap aman.

2. Goldenrod

Goldenrod digunakan untuk mengencangkan saluran kemih dan mendetoksifikasi ginjal. Uji klinis pada hewan menunjukkan bahwa goldenrod dapat mengurangi peradangan, melawan infeksi, serta bersifat diuretik. Tapi Anda harus berhati-hati terhadap ramuan ini saat Anda alergi terhadap tanaman seperti ragweed, krisan, marigold dan lainnya.

3. Akar hydrangea

Akar hydrangea fungsinya membantu tubuh agar menggunakan kalsium dengan baik. Banyak uji coba kemanjuran akar hydrangea ini, seperti mengurangi risiko penyakit autoimun, diabetes dan radang sendi. Ramuan akar hydrangea biasanya tersedia dalam bentuk kapsul dan aman untuk dikonsumsi, tetapi tidak untuk jangka panjang. Dosisnya harus kurang dari 2 gram dalam sehari.

4. Ekor kuda

Ekor kuda adalah diuretik dan antioksidan. Ekor kuda dikenal untuk mengurangi edema, mengurangi kandung kemih dan batu ginjal, membantu dengan inkontinensia dan menyembuhkan infeksi saluran kemih. Ekor kuda dapat membantu untuk mendukung ginjal. Ini umumnya dikonsumsi sebagai teh atau kapsul.

Ekor kuda mengandung zat kimia yang disebut tiaminase atau memecah vitamin tiamin. Penggunaan yang lama dapat menyebabkan defisiensi tiamin. Pastikan bahwa ekor kuda berasal dari tanaman Equisetum arvense, Equisetum hyemale atau Equisetum telmateia, karena ada sebagian yang beracun.

5. Akar seledri

Biji seledri dan akar seledri (celeriac) adalah diuretik. Diuretik dapat membantu membuang ginjal dan seledri dianggap menstimulasi ginjal, karena mengandung kalium dan natrium. Akar seledri dapat dimakan dan sangat bergizi, serta dapat dikonsumsi sebagai ekstrak atau kapsul. Tanaman ini juga berguna dalam mengurangi sendi yang kaku, melawan kanker usus besar, serta menyeimbangkan kadar darah pada orang yang anemia, juga membantu pencernaan buang air besar secara teratur.

6. Gravel root

Tanaman yang juga disebut gulma Joe Pye dikenal sebagai akar ginjal, karena berhubungan dengan kesehatan ginjal. Akar tanaman ini mengandung euparin. Pelarut ini memiliki aktivitas yang kuat terhadap organisme berbahaya, lalu dapat melindungi terhadap infeksi ginjal. Akar tanaman ini juga digunakan untuk pencegahan infeksi saluran kemih, asam urat dan batu ginjal.

Namun tanaman ini mengandung alkaloid pirolididin hepatotoksik, yang dapat menyebabkan kerusakan hati, kanker dan cacat lahir. Jika Anda konsumsi akar tanama ini carilah yang bebas PA hepatotoksik, yang bisa dilihat pada label.

7. Bearberry

Akar tanaman bearberry juga merupakan zat yang dapat menenangkan dan meredam saluran kemih, serta dapat membersihkan ginjal. Tanaman ini telah digunakan sebagai obat tradisional untuk infeksi. Sebuah uji klinis di Inggris menunjukkan, bahwa ibuprofen yang terkandung di dalamnya dapat mengobati infeksi saluran kemih, tanpa menggunakan antibiotik. Tanaman ini juga biasa dikonsumsi sebagai teh atau kapsul, tapi tidak aman kalau dikonsumsi dalam dosis besar atau jangka panjang.

8. Akar tanaman marshmallow

teh akar marshmallow

Akar tanaman marshmallow digunakan sebagai penyedap serta dapat menenangkan jaringan saluran kemih. Ini adalah diuretik yang lembut dan dikenal untuk menenangkan selaput lendir. Akar tanaman marshmallow memiliki banyak manfaat kesehatan dalam pengobatan herbal, serta memiliki sifat antibakteri dan melawan peradangan. Anda bisa minum teh dari akar tanaman marshmallow yang berkhasiat.

9. Akar dandelion

Dandelion memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Akar dandelion adalah diuretik dan seluruh tanaman dipenuhi dengan antioksidan yang mencegah kerusakan sel. Akar dandelion dapat melawan peradangan dan membantu mengontrol kadar gula darah, tekanan darah dan mengurangi kolesterol.

Nah, jika Anda alergi terhadap tanaman dandelion, ragweed, aster, krisan dan marigold, jangan gunakan ramuan herbal ini untuk pembersih ginjal.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini