nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Demi Sembuh dari Kanker Langka, Bocah Ini Nekat Jalani Pengobatan Eksperimen

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 09 Januari 2020 04:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 08 481 2150791 demi-sembuh-dari-kanker-langka-bocah-ini-nekat-jalani-pengobatan-eksperimen-jCmIqrHmnw.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PENYAKIT leukemia limfoblastik merupakan salah satu jenis penyakit kanker yang langka. Penyakit kanker langka inilah yang diderita oleh seorang bocah laki-laki asal Inggris, Oscar Saxelby-Lee.

Tepat pada 28 Desember 2018 silam, bocah laki-laki berusia lima tahun ini didiagnosa oleh dokter dengan penyakit leukemia limfoblastik.

Menderita penyakit leukemia limfoblastik akut, selama 10 bulan Oscar harus dirawat di salah satu rumah sakit anak-anak di Inggris, Birmingham Children’s Hospital.

Tapi penyakit kanker yang awalnya menyerang bagian sumsum tulang ini mulai menyerang darah dengan cepat. Sehingga pada September 2019 silam, kedua orangtua Oscar harus dihadapkan pada dua pilihan.

kedua orangtua Oscar harus dihadapkan pada dua pilihan.

Pilihan pertama Oscar harus menjalani proses transplantasi untuk kedua kalinya, atau mencoba mencari pengobatan di rumah sakit lain di luar Inggris. Pilihan untuk mencoba mencari pengobatan lain di luar Inggris akhirnya dipilih oleh kedua orangtua Oscar, setelah menemukan bahwa di Singapura ada uji coba terapi Chimeric Antigen Receptor (CAR-T).

Terapi Chimeric Antigen Receptor (CAR-T) yang juga dikenal sebagai sel T, adalah terapi sel kekebalan. Sel diprogram sedemikian rupa untuk bisa membunuh sel kanker. Sel T ini diambil dari darah pasien dan dilengkapi dengan CAR, yaitu reseptor khusus yang mengikat protein spesifik pada sel kanker pasien.

Untuk bisa menjalani uji coba terapi Chimeric Antigen Receptor (CAR-T) demi kesembuhan sang putra tercinta, kedua orangtua Oscar mencoba mencari bantuan melalui kampanye penggalangan dana di media sosial.

Untungnya, pada Oktober 2019, lewat penggalangan dana di media sosial tersebut terkumpulah uang sekitar USD883695 atau kurang lebih Rp12,2 juta. Sehingga pada pertengahan November 2019 lalu, Oscar berangkat menuju Singapura untuk menjalani pengobatan uji coba terapi Chimeric Antigen Receptor (CAR-T) di National University Hospital.

Perawatan dengan terapi Chimeric Antigen Receptor (CAR-T) ini sendiri disebutkan belum di tahap uji coba medis. Namun meskipun demikian, kedua orangtua Oscar disebutkan tetap ingin mencoba terapi eksperimental ini.

kedua orangtua Oscar disebutkan tetap ingin mencoba terapi eksperimental ini.

Oscar pun menjadi anak kedua di dunia yang menjalani perawatan ini, setelah satu bulan sebelumnya anak pertama di dunia juga menjalani terapi ini di National University Hospital. Demikian seperti diwarta Mothership.

Di tubuh Oscar, tercatat jumlah kanker ada di angka satu persen dan meningkat pesat begitu ia tiba di Singapura pada 19 November 2019. Oscar kemudian menjalani masa isolasi selama satu bulan lamanya di rumah sakit.

Tepat pada 18 Desember 2019, pihak rumah sakit mempersiapkan untuk tindakan injeksi sel-sel baru. Pada saat itu, sel kankernya telah berlipat ganda dan mencapai 7 persen.

Hingga akhirnya pada 2 Januari 2020, Oscar diperbolehkan keluar dari isolasi selama 10 menit untuk berjalan di sekitar bangsal rumah sakit. Secara medis, Oscar memang belum dinyatakan sembuh total dan masih terus akan berjuang melawan gejala penyakit yang muncul, contohnya demam tinggi.

Meski perjuangan Oscar dan kedua orangtuanya masih panjang, Ibunda Oscar berharap, setidaknya dengan terapi eksperimental Chimeric Antigen Receptor (CAR-T) ini mereka mencoba semaksimal mungkin untuk kesembuhan Oscar.

“Mungkin saja ini tidak berhasil, tapi kita mencoba. Jika bukan karena kita berupaya untuk Oscar kita tidak akan sampai di sini. Tidak ada konsultan di Inggris yang akan mengirim kami ke Singapura. Harapannya adalah kesakitannya bisa berkurang, bisa sembuh. Tetapi saya ingin sekali melihatnya tanpa ada penderitaan lagi,” ungkap Ibunda Oscar.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini