9 Langkah Hindari Ketombe Muncul saat Cuaca Dingin, Dijamin Enggak Jengkel Lagi!

Suherni, Jurnalis · Rabu 08 Januari 2020 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 08 611 2150608 9-langkah-hindari-ketombe-muncul-saat-cuaca-dingin-dijamin-enggak-jengkel-lagi-YDOPFuUeKk.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SAAT cuaca dingin, biasanya ketombe muncul di rambut semakin banyak. Hal ini pasti membuat Anda jengkel, tapi harus segera diatasi.

Selama cuaca dingin permasalahan rambut tak sekedar ketombe muncul. Tapi juga Anda mengalami rambut rontok dan kulit kepala terasa gatal.

Dilansir dari Thehealthsite, dalam beberapa kasus ketombe muncul pasti sangat mengganggu, Namun, Anda bisa menghindarinya dengan melakukan perubahan gaya hidup dan pengobatan rumahan berikut ini.

ketombe

1. Batasi mencuci rambut

Jangan sering-sering mencuci rambut di saat cuaca dingin, karena akan mengurangi kelembapan dari kulit kepala. Hindari menggunakan air hangat saat keramas. Anda juga dapat menggunakan shampo, lalu bilas busanya sampai bersih untuk mencegah iritasi dan ketombe

2. Sisir rambut sesering mungkin

Menyisir rambut dapat membantu kulit kepala dan meningkatkan sirkulasi darah. Ini selanjutnya akan membantu meningkatkan sekresi minyak, yang menjaga rambut dan kulit kepala tetap sehat.

3. Minum air putih banyak

Selama musim dingin, Anda sering lupa minum air putih. Inilah alasan mengapa kulit kepala Anda menjadi kering. Kalau kurang minum air putih membuat kulit kepala dan rambut mengalami dehidrasi. Hal ini menyebabkan ketombe muncul banyak. Minumlah setidaknya dua liter air sehari, untuk menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi.

4. Pakai handuk katun

Gunakan handuk katun untuk menyeka rambut Anda setelah dicuci. Hindari menggunakan handuk dengan tekstur kasar, karena dapat menyebabkan rambut kusut.

5. Konsumsi makanan sehat

Salah satu cara untuk menghilangkan ketombe adalah dengan makan sehat. Vitamin B, seng dan omega 3 baik untuk rambut dan kulit kepala Anda. Konsumsilah buah dan sayuran untuk mendapatkan nutrisi. Juga, sertakan telur, ikan, pisang, dan bayam, yang merupakan sumber nutrisi yang baik.

6. Konsumsi gula lebih sedikit

Gula tidak baik untuk kulit kepala dan rambut. Tingginya kadar gula dalam darah dapat menyebabkan serpihan berminyak dan menyebabkan ketombe. Alih-alih konsumsilah madu atau gula merah.

7. Olesi rambut Anda sebelum mandi dengan minyak kelapa

minyak kelapa

Menggunakan minyak kelapa dapat membantu melembapkan kulit kepala dan rambut. Lebih baik jika Anda sedikit memanaskan minyak dan oleskan. Kemudian cuci bersih dengan shampo ringan.

8. Hindari pewarnaan rambut

Hindari mewarnai rambut Anda selama cuaca dingin. Karena bahan kimia yang hadir dalam warna rambut akan membuat kulit kepala menjadi kering. Ini juga dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan gatal.

9. Pakai tea tree oil

Tea tree oil dikenal untuk mengurangi rasa gatal dan berminyak, yang berhubungan dengan ketombe. Anda dapat menggunakan produk seperti shampo, kondisioner, serum yang mengandung tea tree oil.

Tea tree oil membantu memulihkan semua kelembapan untuk mencegah kekeringan dan ketombe muncul. Anda dapat menggunakan tea tree oil langsung pada kulit kepala, sekira dua kali seminggu untuk mencegah ketombe.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini