nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kebakaran Hutan di Australia, Ribuan Koala Diselamatkan Para Pemadam

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 09 Januari 2020 12:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 09 406 2150980 kebakaran-hutan-di-australia-ribuan-koala-diselamatkan-para-pemadam-r8gbzebI4J.jpg Koala. (Foto: Instagram)

KEBAKARAN besar yang menyerang hutan di Australia tidak hanya merusak pepohonan, melainkan seluruh ekosistem alam. Salah satu hewan yang paling terdampak akibat kebakaran hutan ini adalah koala. Banyak sekali koala yang mati akibat tidak bisa menyelamatkan diri dari jilatan api.

Sebagaimana diketahui, koala masuk ke dalam spesies hewan berkantung (marsupial) khas Australia. Mereka biasanya tinggal di atas pohon dan cenderung bergerak agak lamban.

Insiden ini akhirnya memancing organisasi pencinta hewan dan petugas pemadam kebakaran setempat melakukan penyelamatan.

 petugas pemadam kebakaran setempat melakukan penyelamatan.

Dalam unggahan akun Instagram @wildlifeplanet beberapa ekor koala berhasil diselamatkan oleh tim pemadam kebakaran. Pada unggahan pertama, salah satu petugas terlihat menggendong seekor koala besar untuk dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

Unggahan lainnya memperlihatkan petugas pemadam kebakaran berusaha mengevakuasi koala berukuran besar yang separuh tubuhnya hangus terbakar. Kaki, tangan dan wajah koala tersebut tampak menghitam karena terkena jilatan api si jago merah.

Koala yang terluka parah itu pun terlihat pasrah saat tim pemadam kebakaran menggendongnya. Sementara beberapa koala lain berhasil menyelamatkan diri ke tempat yang lebih aman, dengan berdiam diri di pinggir jalan.

Koala yang terluka parah itu pun terlihat pasrah saat tim pemadam kebakaran menggendongnya.

Pada unggahan lainnya Wild Life memperlihatkan seekor koala bernama Billy yang telapak kaki dan tangannya hangus terbakar. Billy telah berada di tempat yang aman dan mendapat perawatan medis untuk menyembuhkan luka-lukanya.

Meskipun Billy berhasil diselamatkan, namun masih ada ribuan koala lain yang masih terjebak di lokasi kebakaran. Dua orang bersaudara yang sedang pergi melewati hutan lokasi kebakaran pun turut menyelamatkan para koala di Kangaroo Island, Australia Selatan.

Mereka mengevakuasi hewan ikonik ini menggunakan mobil. Sayangnya salah satu koala yang mereka selamatkan harus mati saat dalam perjalanan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini