8 Aktivitas Merawat Diri Selain ke Salon, Yuk Mulai Lakukan!

Nada Husna, Jurnalis · Kamis 09 Januari 2020 12:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 09 481 2150977 8-aktivitas-merawat-diri-selain-ke-salon-yuk-mulai-lakukan-dO7IADT0V2.jpg Ilustrasi. (Foto: Yourtango)

SETIAP orang butuh merawat diri agar tubuhnya lebih rileks. Namun buat sebagian orang, pasti bingung ingin memulainya dari mana.

Anda pasti mengira kalau merawat diri hanya sekedar pergi ke salon untuk merawat kulit, spa, manicure pedicure atau menjaga kesehatan rambut. Padahal ada aktivitas lainnya yang wajib dilakukan agar tubuh lebih rileks.

Ketika Anda merawat diri, pasti tubuh merasa lebih baik. Cara ini dapat membantu menjaga kesehatan mental dan fisik Anda.

Dilansir Okezone dari Yourtango, Kamis (9/1/2020), berikut adalah 8 kegiatan yang bisa dilakukan untuk merawat diri. Simak yuk penjelasannya!

1. Mulailah latihan untuk memerhatikan diri sendiri

merawat diri

Anda mungkin berpikir tidak punya waktu untuk merawat diri dalam hidup. Anda harus berpikir ulang dan pikirkan baik-baik dampaknya. Ambil napas dan berpikirlah dengan tenang, sambil mendengarkan musik misalnya. Kemudian ambil keputusan yang baik untuk mulai perhatikan diri sendiri.

2. Jalan kaki selama 20 menit

Olahraga sangat dibutuhkan untuk menjaga stamina. Tapi kalau Anda merasa tidak punya bawak waktu, bisa diganti dengan berjalan kaki selama 20 menit. Jalan kaki sangat bagus untuk kesehatan Anda. Kebiasaan ini dapat membantu Anda cepat tidur di malam hari atau menjadi cara yang bagus untuk menjernihkan pikiran Anda.

3. Singkirkan camilan yang tidak sehat

Makanlah camilan sehat hari ini karena tubuh Anda membutuhkannya. Kebiasaan ini dapat membantu Anda mencegah obesitas, penyakit jantung dan diabetes. Terapkan mulai sekarang untuk hidup yang lebih sehat.

4. Lakukan satu jenis perbuatan hari ini

Hanya tersenyum kepada seseorang, Anda bisa menunjukkan kebaikan. Anda juga bisa berbagi makanan dengan teman di kantor maupun membantu orang lain di jalan yang tertimpa masalah kecil. Dengan melakukan ini, Anda menyebarkan kebaikan kepada dunia.

5. Mulai buat jurnal rasa terima kasih

Tulislah tiga hal baik yang terjadi pada Anda, sangat sederhana bukan? Misalnya saat Anda menghabiskan waktu dengan orangtua, teman-teman atau keluarga kecil di rumah. Anda pun harus merasa bersyukur dengan apa yang didapatkan, lalu tulislah dalam jurnal.

6. Ajak teman makan siang bersama

Undang teman Anda dengan niat membangun koneksi yang lebih dekat. Ketika Anda memiliki persahabatan yang sehat, maka akan merasa lebih baik. Sangat penting menjaga persahabatan yang sehat. Salah satu caranya ajak teman untuk makan siang bersama atau hangout bareng.

7. Tidur yang cukup

Anda butuh waktu 7-9 jam untuk tidur. Ketika Anda tidak cukup tidur, pasti akan sulit untuk fokus. Itu juga akan memengaruhi suasana hati Anda. Sayangnya, saat ini semakin banyak orang yang kurang tidur. Anda mengurangi waktu tidur untuk bekerja lebih banyak atau menghabiskan waktu dengan orang lain. Jika perlu, batalkan waktu sia-sia itu, lalu tidurlah dengan nyenyak.

8. Tetapkan batasan yang sehat untuk diri sendiri

Jika Anda mulai merasa lelah istirahatlah dari segala sesuatu. Bukan cuma fisiknya yang lelah, tapi pikiran juga ikut lelah. Ukur batasan sampai mana tubuh Anda bisa bekerja dan jangan pernah memaksakan. Dampaknya akan berbahaya dalam jangka panjang. (dwk)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini