nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Via Vallen Pingsan saat Nyanyi Cendol Dawet, Benarkah Gara-Gara Mabuk Perjalanan?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 09 Januari 2020 12:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 09 481 2150984 via-vallen-pingsan-saat-nyanyi-cendol-dawet-benarkah-karena-mabuk-perjalanan-rU66Yun7CL.jpg Via Vallen. (Foto Instagram)

PEDANGDUT Via Vallen pingsan saat manggung di acara puncak HUT Kabupaten Kepahiang, Bengkulu. Insiden ini pun viral di media sosial. Penyebabnya benarkah karena mabuk perjalanan?

Dalam video Youtube yang dibagikan akun Twitter @mynamehendrata, Via Vallen tengah membawakan lagu "Pamer Bojo" atau yang lebih terkenal "Cendol Dawet" milik Didi Kempot, pada Selasa 7 Januari 2020. Di akhir lagu, setelah dirinya mengangkat tangan tanda selesai, Via Vallen ambruk dan tak sadarkan diri.

Hal tersebut membuat suasana sekitar panggung menjadi riuh. Panitia pun langsung mengevakuasi Via Vallen setelah pingsan. Beberapa penonton terdiam melihat kejadian tersebut.

Via Vallen rupanya pingsan karena mabuk perjalanan. Hal itu ia sampaikan di unggahan foto Instagram terbarunya.

via vallen

"Maaf untuk semua masyarakat Kepahiang yang tadi malam sudah hadir. Saya tidak bisa menyelesaikan performance dengan baik, dikarenakan kondisi yang sangat tidak memungkinkan, akibat mabuk perjalanan di Liku 9. Harap dimaklumi kondisi saya," ucap Via Vallen.

Sementara itu, benarkah mabuk perjalanan bisa sampai membuat Via Vallen pingsan? Dilansir dari Medicinenet, seseorang bisa pingsan karena berbagai faktor.

Sebut saja karena kemampuan jantung yang lemah untuk memompa darah, tekanan darah rendah atau bisa juga karena meningkatnya tekanan darah akibat adrenalin yang tinggi.

Pada beberapa kasus, seseorang bisa pingsan juga karena kekurangan cairan tubuh. Dehidrasi terjadi ketika seseorang dalam masalah diare, terlalu banyak muntah atau kurang minum.

Nah, terkait dengan alasan Via Vallen yang mengatakan bahwa dirinya pingsan karena mabuk perjalanan, tidak ditemukan dalam penjelasan laman ini. Tapi, Via Vallen bisa saja pingsan karena kondisi tubuh yang lemah dan perjalanan darat yang melelahkan, sehingga tubuhnya tak bisa bertopang dengan baik.

Tentu, perlu pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan kenapa Via Vallen bisa pingsan di atas panggung. Sebab, pingsan juga bisa menjadi tanda seseorang mengalami masalah kesehatan serius.

Dijelaskan dalam laman Health Harvard, pingsan merupakan salah satu tanda dari adanya masalah jantung serius. Dengan tanda pingsan, itu bisa menunjukan bahwa seseorang mengalami debar jantung lemah, irama tidak teratur atau juga mengalami kelainan katup jantung.

Penyakit serius lainnya yang ditandai dengan pingsan adalah kelainan otak. Jika seseorang mengalami kelainan otak, mereka kerap kejang dan berakhir pingsan.

Sebab, beberapa kejang menghasilkan gerakan gemetar yang dramatis dan akhirnya hilang kesadaran. Tapi, kejang juga bisa menandakan masalah kesehatan lain. Makanya perlu diagnosa yang tepat.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini