3 Cara Merawat Luka Operasi di Kulit agar Tidak Infeksi

Tiara Putri, Jurnalis · Kamis 09 Januari 2020 21:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 09 481 2151222 3-cara-merawat-luka-operasi-di-kulit-agar-tidak-infeksi-EwgGIPBz4s.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

ADA banyak orang mengeluh kesulitan merawat luka operasi di kulit. Biarpun kecil, luka tersebut tidak bisa dianggap sepele dan harus dirawat dengan baik.

Pada umumnya, bekas luka operasi baru sembuh sekira dua minggu setelah tindakan, apabila perawatannya tepat. Saat merawat luka operasi butuh cara yang steril agar cepat sembuh.

Saat merawat luka operasi, ada orang yang memilih menjauhkan dari air hingga rutin mengoleskan suatu produk penyembuh. Selain itu, masih ada cara lain yang bisa dilakukan untuk membantu merawat luka operasi. Berikut caranya yang dirangkum Okezone dari 3M, Kamis (9/1/2020).

Meminimalisir luka dan risiko infeksi

operasi

Setelah menjalani operasi bedah yang berat, proses pemulihan luka membutuhkan perawatan intensif. Gunakanlah plester perekat kulit yang bisa menutup luka cukup dalam dan mudah untuk dilepas.

Dengan begitu, Anda dapat meminimalisir luka dan melindunginya dari risiko infeksi. Sebab plester tersebut dapat menjaga luka tetap bersih.

Melindungi kulit

Kulit yang memiliki luka operasi memerlukan lapisan pelindung, yang berfungsi sebagai penghalang dari kontak luar. Lapisan pelindung juga dapat menjaga proses penyembuhan kulit menjadi lebih optimal.

Selain itu, lapisan pelindung juga dapat mencegah kerusakan kulit, melindungi kulit yang berisiko, serta mendorong pemeliharaan kulit yang sehat dan utuh.

Lapisan pelindung tak hanya plester perekat, tapi ada juga plester cair, yang membantu membentuk lapisan pelindung antara bahan perekat dengan kulit. Contohnya cavilon yang dapat melindungi luka dari paparan luar agar tidak memperburuk kondisi kulit.

Ada pula produk yang dapat melindungi kulit dari paparan gesekan, bebas bahan perekat dan bakteri. Pilihlah produk yang bersifat hipoalergenik dan non-sitotoksiagar tidak membuat kulit terasa perih ketika pelindung ditempelkan ke luka.

Bebas bekas luka

Walaupun luka dirawat dengan baik, tetap saja ada kemungkinan meninggalkan bekas. Beberapa orang mungkin ada yang kurang percaya diri apabila penampilannya terganggu dengan bekas luka di kulit.

Beruntung, sekarang ini sudah banyak produk yang dapat membantu menghilangkan bekas luka. Bahkan, ada yang bisa mengurangi trauma jaringan dan mengurangi pembentukan bekas luka.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini