nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Girls, Catat 7 Penyebab Kamu Bisa Terlihat Lebih Tua

Adityo Bagas, Jurnalis · Kamis 09 Januari 2020 12:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 09 611 2150961 girls-catat-7-penyebab-kamu-bisa-terlihat-lebih-tua-TDH0cFehzC.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

BANYAK perempuan ingin tampil cantik dan juga awet muda. Sayangnya, niat tampil muda yang salah malah bisa membuat seorang perempuan terlihat lebih tua akibat beberapa perubahan pada bagian tubuhnya.

Beberapa perubahan bisa terjadi akibat kurangnya inisiatif dalam merawat tubuh, atau kerusakan yang timbul dari lingkungan sekitarnya. Merangkum dari Red Book Mag, berikut faktor yang membuat seseorang tampak lebih tua dari aslinya.

Pori-pori besar

Bentuk pori-pori yang besar bisa membuat seseorang terlihat tiga tahun lebih tua. Akumulasi kerusakan akibat sinar matahari dapat menyebabkan struktur pori-pori melorot, sehingga membuatnya terlihat menjadi besar. Pori-pori yang besar pun terlihat jelas ketika tersumbat kotoran.

Pakar Dermatologi dan Psikiatri, Amy Wechsler, mengatakan apapun yang terkelupas akan membantu menjaga pori-pori tetap bersih dan terlihat lebih kecil.

Solusinya, bisa mencoba retinoid topical dan prosuk asam salisilat.

Solusinya, bisa mencoba retinoid topical dan prosuk asam salisilat. Selain itu menggunakan tabir surya sangat disarankan untuk mencegah parahnya kerusakan akibat sinar matahari.

Langkah yang lebih besar untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan perawatan seperti mikrodermabrasi dan pengelupasan kimia, untuk menghilangkan lapisan atas kulit untuk menghilangkan bagian terluas dari pori yang akan membuat lubang tampak lebih kecil.

Rambut tipis

Rambut tipis akan membuat seseorang tiga tahun lebih tua. Mengonsumsi makanan kaya folat dan zat besi dapat membantu menyuburkan akar rambut.

Hindari kebiasaan menguncir rambut atau kepangan ketat yang dapat menyebabkan kerontokan rambut permanen. Dalam kasus yang lebih besar, Anda bisa menemui dokter untuk melakukan pemeriksaan tiroid.

Bintik pada dada

Bercak atau bintik pada bagian dada bisa membuat seseorang 10 tahun lebih tua dari umur aslinya. Penyebabnya karena kerusakan akibat sinar matahari.

Cara mengatasinya, dengan mengoleskan tabir surya untuk mencegah kerusakan yang makin parah. Selain itu kenakanlah pakaian yang menutupi area bagian dada.

Dalam kasus yang lebih besar, seseorang bisa menggunakan pengelupasan kimia dan laser fraxel untuk masalah pigmentasi. Retin-A atau hidrokuinon dapat membantu meringankan area yang berwarna cokelat.

Alis tipis

Bentuk alis tipis akan membuat seseorang menjadi lebih tua lima tahun. Hormon testosteron akan menyebabkan alis pria tumbuh lebat semakin tua, namun alis wanita justru akan menipis setelah bertahun-tahun melakukan waxing dan tweezing.

namun alis wanita justru akan menipis setelah bertahun-tahun melakukan waxing dan tweezing.

Oleh sebab itu jangan melakukan overwax atau overpluck karena bisa merusak folikel rambut. Kebiasaan memotong alis hingga ke permukaan juga dapat menghilangkan bagian akarnya, untuk memiliki alis yang bagus, disarankan untuk mengonsumsi suplemen biotin oral 5mg untuk membantu rambut lebih kuat.

Bulu mata tipis

Hal sekecil bulu mata saja bisa membuat seseorang terlihat lebih tua dua tahun. Cara menjaga kesuburan bulu mata adalah dengan merawatnya secara lembut.

Gunakan penghapus khusus rias yang dirancang khusus untuk melepas maskara dan tidak menggosoknya. Selain itu seseorang juga bisa mencoba kondisioner bulu mata yang dijual bebas agar bulu maya terlihat lebih tebal.

Kuku kuning tebal

Bahkan dari kuku saja seseorang bisa terlihat lima tahun lebih tua. Kuku yang tidak mengenakan hiasan atau kutek akan terlihat lebih tua, itu karena kutek bisa menyamarkan garis kuning yang ada pada kuku.

Kuku yang menguning disebabkan karena efek pola makan yang buruk. Kekurangan vitamin dan kelembaban kuku menjadi terlihat semakin buruk.

Konsumsi buah dan sayuran segar serta biji-bijian bisa dan protein tanpa lemak bisa membantu memperbaiki kesehatan kuku. Krim Carmol juga bisa menjadi solusi yang tepat untuk melembabkan lapisan kuku ditambah dengan suplemen Biotin untuk menguatkan kuku.

Konsumsi buah dan sayuran segar serta biji-bijian bisa dan protein tanpa lemak

Wajah tirus

Memiliki wajah tirus dapat membuat seseorang terlihat empat tahun lebih tua. Ketika seseorang menurunkan berat badan, maka Anda akan kehilangan lemak pada bagian wajah yang bakal menyebabkan pipi anda akan menjadi tirus atau kempot.

Cara mengatasinya adalah menghindari diet yoyo atau diet menurunkan berat badan dengan cepat, yang akan memaksimalkan elastisitas kulit dan membuatnya melorot.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini