nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terpilih Jadi Tuan Rumah World Surf League 2020, Pariwisata Banyuwangi Mendunia

Tiara Putri, Jurnalis · Jum'at 10 Januari 2020 08:19 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 10 406 2151335 terpilih-jadi-tuan-rumah-world-surf-league-2020-pariwisata-banyuwangi-mendunia-VTTibRRCgK.jpg Pantai Plengkung jadi lokasi kejuaraan internasional surfing (Foto : Osingvacation/Instagram)

Beberapa daerah di Tanah Air telah dipercaya dunia untuk menyelenggarakan acara-acara berskala internasional. Sebut saja gelaran Asian Games di Jakarta dan Palembang pada 2018 lalu. Mendatang ada gelaran Moto GP 2021 di Mandalika. Tapi dalam waktu dekat, Banyuwangi terpilih sebagai tempat penyelenggaraan World Surf League 2020.

Terpilihnya daerah ujung timur Pulau Jawa sebagai tempat penyelenggaraan World Surf League 2020 itu diungkapkan oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Ditemui Okezone dalam acara peluncuran Calendar of Event (COE) Banyuwangi 2020 di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Anas mengatakan kompetisi internasional itu akan diselenggarakan pada bulan Juni.

Wisata Banyuwangi

(Foto : @banyuwangi_kab/Instagram)

"Social engagement World Surf League di bulan Juni mendatang ini nomor tiga setelah NBA. Mudah-mudahan nanti dengan adanya acara ini semakin menambah promosi pariwisata nasional ke internasional," tutur Anas, Rabu, 8 Januari 2020.

Dalam kesempatan tersebut, Anas menuturkan salah satu alasan Banyuwangi terpilih menjadi tempat penyelenggaraannya. Daerah tersebut dianggap berpengalaman melaksanakan acara internasional. Sebut saja Tour de Ijen yang rutin diselenggarakan sejak tahun 2012 lalu.

"Selain itu, kami punya lokasi namanya G-Land yang memang menjadi tempat para surfer internasional hadir. Sudah banyak peselancar dunia yang merasakan ombak di sana," kata Anas.

Pantai Plengkung

(Foto : @plengkungbeach/Instagram)

Lokasi yang dimaksud ialah Pantai Plengkung yang berada di dalam Taman Nasional Alas Purwo. Menurut Anas, lokasi yang dipilih untuk World Surf League 2020 juga cukup unik bila dibandingkan lokasi lain. Lantaran berada di dalam taman nasional, penonton tidak lagi menyaksikan selancar dengan latar belakang gedung-gedung melainkan keindahan alam.

Sejauh ini persiapan untuk menyambut acara berskala internasional itu berjalan cukup baik. Dari segi infrastruktur, pemerintah sudah membangun jalan yang halus dan menyediakan listrik. Ke depannya akan disediakan fiber optik untuk memperlancar akses dan komunikasi.

"Penginapan juga oke tidak ada masalah. Rencananya nanti peserta akan mendirikan camp-camp kecil seperti glamping. Di dalam taman nasional juga sudah ada glamping," ucap Anas.

Pantai Plengkung

(Foto : Osingvacation)

Sementara itu, Anas menambahkan gelaran festival internasional menjadi cara cepat bagi Banyuwangi untuk menyesuaikan diri dengan standar internasional. Hal itu membuat masyarakat belajar mensejajarkan kualifikasinya dengan kualifikasi internasional. Pada akhirnya membuat industri pariwisata kian bertumbuh.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini