6 Obat Alami untuk Sembuhkan Penyakit Flu, Bisa Dicoba di Rumah!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 10 Januari 2020 14:59 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 10 481 2151456 6-obat-alami-untuk-sembuhkan-penyakit-flu-bisa-dicoba-di-rumah-HbRCjKjcV9.jpg Ilustrasi. (Shutterstock)

MUSIM hujan diprediksi akan terus terjadi hingga Maret mendatang. Salah satu yang mesti dikhawatirkan adalah penyakit flu.

Saat musim hujan seseorang pasti rentan sakit karena cuaca dingin yang membuat imunitas menurun. Sementara penyakit flu paling banyak diderita banyak orang.

Kalau biasanya untuk menyembuhkan penyakit flu Anda selalu mengandalkan obat dari resep dokter. tidak ada salahnya untuk mencoba mengonsumsi bahan alami sebagai obat.

Ada beberapa makanan yang dipercaya dapat mengatasi penyakit flu yang umum Anda alami di musim hujan. Dilansir Okezone dari Newyorkpost, simak 6 makanan berikut yang dapat mengatasi penyakit flu.

penyakit flu

1. Kiwi

Menurut Nutrisionis Lisa Zullig, ketika bicara mengenai antioksidan, maka kita biasanya akan membayangkan jeruk. Padahal, ada buah lain yang kandungan antioksidannya jauh lebih tinggi dari jeruk, yaitu kiwi.

Buah ini memiliki 64 miligram vitamin C per buahnya dan dengan jumlah tersebut. Artinya buah kiwi cukup untuk memenuhi kebutuhan harian vitamin C untuk orang dewasa.

2. Bayam

Sayuran yang dikenal sebagai makanan tokoh Popeye ini mengandung vitamin E cukup tinggi. Vitamin E dibutuhkan untuk mengobati penyakit flu.

Jika diambil contoh, untuk satu cangkir bayam yang dimasak, terkandung vitamin E sebanyak 3,7 miligram, yang merupakan cukupan 25% dari nilai harian yang disarankan.

3. Kacang

Nutrisi yang juga penting untuk obat penyakit flu adalah selenium. Zat alami ini dianggap mampu meningkatkan sistem imun tubuh.

Ketika Anda makan satu butir kacang, maka tubuh Anda mendapatkan sekira 100 mikrogram selenium.

Sementara tubuh manusia membutuhkan asupan selenium sekira 55 mikrogram per hari. Selain selenium, mengonsumsi kacang juga berarti menambah asupan vitamin E ke tubuh.

4. Biji labu

Mineral alami yang harus dicukupi saat terserang penyakit flu adalah seng. Bahan alami yang mengandung seng tinggi adalah biji labu, dengan kandungan seng sekira 2 miligram minetal per ons. Anda mesti tahu juga bahwa biji labu mengandung vitamin E yang terbilang tinggi.

5. Yogurt

Yogurt dan makanan kaya probiotik lainnya mampu meningkatkan kesehatan usus. Makanan ini merangsang sistem kekebalan mukosa dalam usus. Dengan begitu, yogurt bertugas menghalangi bakteri jahat, yang bisa memperburuk kesehatan tubuh saat flu. Zullig menyarankan untuk tidak mengonsumsi yogurt manis.

6. Bawang putih

Bahan alami yang banyak ditemukan di dapur ini ternyata kaya akan antioksidan. Hal ini karena kandungan allium di dalam bawang putih. Selain antioksidan, allium juga berfungsi sebagai anti-bakteri, anti-jamur dan anti-inflamasi.

Dengan manfaat perlindungan yang dimiliki bawang putih, ini sangat baik bagi tubuh untuk mendapatkan kesehatan saat terserang penyakit flu.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini