Flu dan Batuk Berisiko untuk Ibu Hamil, Begini Cara Mengatasinya

Nisya Indah Putri, Jurnalis · Sabtu 11 Januari 2020 05:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 10 481 2151606 flu-dan-batuk-berisiko-untuk-ibu-hamil-begini-cara-mengatasinya-AQLyFqakQ3.jpg Risiko hamil dan flu (Foto: 30 Seconds)

SELAMA musim hujan, sistem kekebalan tubuh menurun sehingga lebih rentan terhadap penyakit, terutama flu dan batuk terutama ketika sedang hamil. Hal ini tidak hanya menganggu sang ibu, namun juga berisiko untuk bayi.

Penelitian menemukan flu dan batuk selama kehamilan dapat meningkatkan kemungkinan keguguran, kelahiran prematur, dan berat badan lahir rendah. Keadaan ini dapat membuat penanganan menjadi lebih ekstra. Menerapkan hidup sehat saat hamil sangat penting untuk menjaga kesehatan keduanya.

Dilansir dari Healthline, Sabtu (11/01/2020), ada beberapa langkah yang bisa diambil untuk mengatasi flu dan batuk saat hamil demi keselamatan ibu dan calon bayi. Berikut ulasan selengkapnya.

Ibu hamil

1. Istirahat yang cukup


Perbanyak istirahat dengan tidak melakukan terlalu banyak aktivitas, tidur siang, dan tidur yang cukup ketika malam. Cara ini merupakan salah satu cara yang ampuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Mengkonsumsi banyak cairan


Untuk mencukupi kebutuhan cairan, ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi banyak air mineral untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh. Selain itu, lemon hangat dan jus buah juga bisa menjadi pilihan alternatif lainnya.

3. Berkumur air hangat dicampur garam


Larutan garam aman digunakan ibu hamil untuk berkumur. Hal itu dapat mengeluarkan cairan yang mengendap di tenggorokan untuk meredakan rasa sakit dan melegakan saluran pernapasan.

Ibu hamil

4. Makan makanan sehat

Tidak harus dengan porsi yang banyak, yang terpenting makanlah makanan yang memenuhi prinsip gizi seimbang dan terjamin kebersihannya. Jika tak nafsu makan, makanlah dengan porsi sedikit namun lebih sering.

5. Menghindari stress

Flu dan batuk yang menyerang sering kali membuat stress karena sangat mengganggu aktivitas, terutama pada ibu hamil. Sebaiknya, lakukanlah hal-hal yang membuat Anda rileks demi menghindari semakin menurunnya sistem kekebalan tubuh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini