8 Cara Tangkal Penyakit Infeksi Selama Musim Hujan

Viola Triamanda, Jurnalis · Jum'at 10 Januari 2020 23:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 10 481 2151631 8-cara-tangkal-penyakit-infeksi-selama-musim-hujan-YYvmgVASqi.jpg Ilustrasi. (Foto: Healthline)

SELAMA musim hujan penyakit infeksi rentan mengintai Anda. Makanya Anda harus berusaha menangkalnya agar tidak sakit.

Penyakit infeksi yang sering terjadi biasanya adalah batuk, pilek, flu, radang tenggorokan, hingga diare. Saat imunitas Anda lemah, pasti langsung jatuh sakit.

Anda harus memastikan diri Anda dapat terbebas dari serangan penyakit infeksi. Dilansir Okezone dari NDTV, berikut 8 tipsnya yang bisa Anda simak.

hujan

1. Jaga kebersihan

Menjaga kebersihan tentu dapat membantu Anda agar terhindar dari penyakit infeksi akibat virus selama musim hujan. Pastikan untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, setelah bersin, setelah batuk, dan yang lainnya.

2. Hindari makan di luar

Makanan tentu berpengaruh besar terhadap kondisi tubuh Anda. Selama musim hujan berlangsung, ada baiknya Anda mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Lebih baik Anda membatasi kebiasaan Anda makan di luar rumah. Karena kemungkinan sudah banyak virus yang menyebabkan makanan tersebut menjadi tidak higienis.

3. Jaga tubuh agar tetap terhidrasi

Menjaga diri Anda agar terhidrasi adalah sesuatu yang dapat membuat daya tahan tubuh meningkat. Selain itu, terhidrasi dapat mencegah timbulnya penyakit infeksi dan memerangi kuman.

4. Tidur nyenyak

Tidur nyenyak menjadi sangat penting untuk menjaga kekebalan tubuh Anda. Kekurangan jam tidur dan memiliki kualitas tidur yang buruk, dapat membuat tubuh Anda menjadi lemah dan rentan terkena virus.

5. Pastikan kebersihan air yang Anda konsumsi

Selain menjaga tubuh tetap terhidrasi, Anda juga harus memastikan bahwa air yang Anda konsumsi bersih. Pastikan air itu sudah direbus agar aman dari virus dan bakteri.

6. Cuci buah dan sayuran sebelum dimasak

buah

Tips ini sangat penting diterapkan. Sebelum Anda memasak, pastikan sayur dan buah yang akan Anda masak sudah sangat bersih. Debu, kotoran dan bakteri yang biasa ada di buah dan sayuran dapat menyebabkan Anda terinfeksi virus.

7. Hindari berbagi ketika menderita pilek atau demam

Demam dan flu merupakan penyakit yang mudah menular. Jika Anda menderita flu dan pilek, hindari berbagi makanan dan minuman dengan orang lain, agar penyakit Anda tidak tertular.

8. Mencegah lebih baik daripada mengobati

Anda harus memberi perlindungan ekstra terhadap diri Anda. Jaga tubuh Anda tetap hangat dan beri makanan sehat kepada diri Anda. Untuk perlindungan ekstra, Anda dapat melakukan vaksin flu.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini