nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Benarkah Uang Beri Kebahagiaan? Miliarder Jepang Ini Tes dengan Bagikan Rp123 Miliar

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 10 Januari 2020 12:56 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 10 612 2151417 benarkah-uang-beri-kebahagiaan-miliarder-jepang-ini-tes-dengan-bagikan-rp123-miliar-hy2P3Rb9Yu.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SEORANG miliarder asal Jepang yang sangat dermawan, Yusaku Maezawa, membagikan uang lebih dari 1 miliar yen atau setara Rp123,9 miliar kepada 1.000 followers Twitter-nya yang beruntung.

Hal tersebut dilakukan Maezawa sebagai bagian dari uji coba sosial, yang membuktikan apakah uang dapat memberikan dampak pada kehidupan seseorang dan bisa memengaruhi kebahagiaan. Followers yang beruntung akan menerima masing-masing sekira 1 juta yen atau sekira Rp125 juta.

Pemenang berhak menggunakan uang tersebut sesuka mereka. Satu-satunya hal yang perlu dilakukan follower untuk memenangkan uang tersebut, yakni dengan me-retweet Maezawa.

lebih dari empat juta netizen me-retweet Maezawa. Namun pemilihan pemenang ditentukan oleh undian.

Acara bagi-bagi uang tersebut ditutup pada 7 Januari 2020 dan terdapat 1.000 pemenang yang beruntung mendapatkan uang.

Sebagaimana dilansir Uniland, Jumat (10/1/2020), lebih dari empat juta netizen me-retweet Maezawa. Namun pemilihan pemenang ditentukan oleh undian.

Maezawa dilaporkan akan memberitahu pemenang, dengan mengirimkan Direct Message (DM) dalam dua atau tiga hari ke depan.

Setelah memberikan uang tunai yang besarannya telah ditentukan sebelumnya, Maezawa juga akan tetap berhubungan dengan para pemenang setelah undian. Hal itu dilakukan untuk mengetahui dengan tepat apakah dan bagaimana uang telah mengubah hidup para pemenang.

Karena ini adalah eksperimen sosial, para pemenang didesak untuk menjawab kuesioner rutin tentang apa yang mereka pilih untuk menghabiskan uang. Maezawa juga meminta para ilmuwan sosial untuk membantunya menganalisis hasil temuannya.

Dalam serangkaian tweet berikutnya, Maezawa membahas akan pentingnya pendapatan dasar, dan kebutuhan untuk memperkenalkan pendapatan dasar di Negeri Sakura itu.

“Penghasilan Dasar adalah mekanisme di mana pemerintah membayar jumlah tetap kepada warga setiap bulan. Kampanye ini dapat menjadi referensi bagi pemerintah untuk mempertimbangkan pendapatan dasar dan segala manfaat serta subsidi,” terang Maezawa.

Sementara diskusi dan eksperimen tentang pendapatan dasar sedang dilakukan di seluruh dunia, beberapa hasil eksperimen juga diperlukan di Jepang.

Sebelumnya, Maezawa pernah melakukan aksi yang sama persis pada Januari 2019 dengan menjanjikan 100 juta yen (sekira USD914.000) atau Rp12,5 miliar untuk dibagikan kepada 100 orang.

Tweet ini terbukti mampu memecahkan rekor, dengan 4,68 juta retweet yang menjadikannya paling banyak pada saat itu. Maezawa sebelumnya menyumbangkan USD57 juta atau setara Rp784 miliar untuk membeli lukisan Basquiat. Ia juga telah memesan setiap kursi di penerbangan perdana kapsul luar angkasa SpaceX.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini