nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Begini Kondisi Sebelum dan Sesudah Kebakaran Hutan di Australia, Bikin Hati Teriris!

Adityo Bagas, Jurnalis · Sabtu 11 Januari 2020 14:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 11 612 2151759 begini-kondisi-sebelum-dan-sesudah-kebakaran-hutan-di-australia-bikin-hati-teriris-bu1w7BKgRH.jpg Kondisi Sebelum dan Sesudah Kebakaran hutan di Australia (Foto: Facebook)

KEBAKARAN hutan dan lahan di Australia kian menjadi sorotan publik. Dapat dibandingkan pada situasi pemandangan hutan yang viral sebelum dan sesudah mengalami kehancuran akibat kebakaran hutan.

Dilansir dari laman Unilad, Sabtu (11/01/2020) terlihat api menyapu pulau kecil yang terletak di posisi lepas pantai Australia Selatan, akibat kebakaran hutan tersebut melahap lebih dari 50 rumah dan merenggut korban jiwa, serta memusnahkan lebih dari 20.000 spesies koala.

Saat ini upaya untuk pemulihan sedang berlangsung dan masih dalam masa proses, dan Menteri Layanan Darurat Australia Corey Wingard mengatakan bahwa, pertugas pemadam kebakaran Australia bersiap untuk upaya pemulihan.

 Kebakaran hutan di Australia

Lebih dari 160.000 hektare lahan pulau tersebut lenyap akibat kebakaran hutan, dan Taman Nasional Flinders Chase yang sebelumnya hujau dan indah kini menjadi hamparan tanah yang terlihat gersang serta hangus habis terbakar api.

Dilihat dari akun Instagram Aaron Coleman, pada tahun 2017 ia mengunggah sebuah foto pemandangan dari Taman Nasional Flinders Chase yang masih terlihat hijau dan asri, foto tersebut menunjukkan jalan panjang yang dibatasi oleh tanaman hijau yang hidup, dan memanjang dari kejauhan sebelum akhirnya pohon-pohon tersebut sekarang lenyap terbakar api, bila dibandingkan dengan unggahan foto Kayne Davis dari akun Facebooknya pada Senin lalu.

 hutan di Australia

Selain menghancurkan rumah-rumah, api juga memusnahkan pondok mewah bernilai jutaan dolar yang memenangkan penghargaan yang terletak di pulau tersebut. Tetapi setelah kejadian tersebut, pondok mewah yang bernilai jutaan dolar itu hancur lenyap sepenuhnya terbakar oleh api.

Pemilik pondok, James dan Hayley Baillie, berbicara tentang kehancuran, dan mengatakan bahwa akan ada rencana yang akan mereka bentuk untuk membangun kembali pondok tersebut dan berkontribusi pada pemulihan ekonomi dan sosial masyarakat Pulau Kanguru yang lebih luas.

 Kebakaran hutan

Petugas pemadam kebakaran di Pulau Kanguru terus bekerja dan mengupayakan untuk membuat jalur penahanan saat kebakaran sedang berlangsung,kepala petugas Pemadam Kebakaran Negara Australia Selatan, Mark Jones, mengatakan 135 petugas pemadam kebakaran akan terjun ke lokasi karena pada akhir pekan ini diperkirakan kondisi akan memburuk, tetapi karena kondisi cuaca yang panas dan berangin, akan memicu terjadinya kebakaran. “Pulau ini tangguh dan sudah mulai dibangun kembali, tetapi masa darurat belum berakhir,” kata Mark Jones.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini