nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kenali Gejala Kanker Anus, Waspada saat Diare!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Minggu 12 Januari 2020 09:17 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 12 481 2151948 kenali-gejala-kanker-anus-waspada-saat-diare-2TDQthULUk.jpg Waspada gejala kanker anus (Foto : Shutterstock)

Kanker masih menjadi penyakit yang menyumbangkan angka kematian terbesar di dunia. Biasanya kanker akan menyerang organ-organ penting dalam tubuh manusia seperti ginjal, hati, paru-paru, dan lain sebagainya. Namun sebenarnya kanker juga bisa menyerang bagian tubuh yang tidak terduga, salah satunya adalah dubur atau kanker anus.

Guru Besar Gastroenterologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam, Prof. Dr. dr. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP menjelaskan awal mula dan penyebab bisa terjadinya kanker anus. Dia mengatakan, anus berperan sebagai tempat lewatnya feses atau kotoran, sehingga anus bisa menjadi sumber infeksi. Dinding anus dan poros usus (rektum) yang sensitif sangat rentan untuk terluka.

Dokter Ari

“Kanker anus sering terjadi karena adanya kekerasan seksual. Kondisi luka akan memudahkan tertularnya berbagai infeksi. Nantinya infeksi tersebut bisa berujung HIV, herpes, simplex, hepatitis B, hepatitis C, Human papiloma virus (HPV) dan berujung kanker,” terang dr. Ari, dalam Seminar Kesehatan di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta Pusat baru-baru ini.

Dokter Ari mengimbau masyarakat agar paham dan selalu waspada terhadap infeksi yang menyerang anus. Biasanya anus yang telah terinfeksi bakteri ditandai dengan berbagai gejala.

Gejala kanker anus meliputi diare yang berdarah dan berlendir, mengalami luka-luka terinfeksi bahkan timbul bisul dan peradangan di sekitar anus dan poros usus.

“Tanda lainnya adalah timbulnya nyeri. Nyeri tersebut akan bertambah saat seseorang buang air besar. Akibat paling berbahaya dari infeksi ini adalah terjadinya kanker anus. Risiko mengidap kanker anus ini bisa terjadi pada semua jenis kelamin, baik laki-laki maupun perempuan dan tidak memandang usia,” lanjutnya.

Kanker Anus

Lebih lanjut dr. Ari mengatakan walau bisa menyerang di segala usia, tapi kejadian kanker anus lebih banyak diderita pada generasi muda dengan usia di bawah 30 tahun.

Ia pun mengaku telah beberapa kali mendapatkan pasien yang mengalami kanker usus dan setelah diselidiki penyebabnya adalah gaya hidup yang tidak sehat dengan pasangan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini