nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dijadikan Minyak Esensial, Vetiver Bisa Hilangkan Jerawat Lho!

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Minggu 12 Januari 2020 15:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 12 611 2151986 dijadikan-minyak-esensial-vetiver-bisa-hilangkan-jerawat-lho-bBfDj5pWlU.jpg Minyak Esensial vetiver (Foto : Wellness Aromas)

Tanaman vetiver tiba-tiba menjadi perbincangan di media massa. Hal ini lantaran Presiden Jokowi memerintahkan jajarannya untuk melakukan upaya mitigasi dengan penanaman tanaman vetiver di lokasi berpotensi bencana.

Vetiver (chrysopogon zizanioides) merupakan tumbuhan sejenis rumput yang masuk dalam keluarga Poaceae dan berasal dari India. Ia berkerabat dekat dengan sorghum, tetapi juga memiliki karakteristik morfologi yang serupa dengan rumput harum lainnya, seperti serai (lemongrass), palmarosa dan citronella.

Tanaman vertiver bisa tumbuh hingga ketinggian 1,5 meter. Ciri-cirinya memiliki batang yang tinggi dan daun panjang serta tipis. Bunga vertiver berwarna ungu kecokelatan dengan akar yang tumbuh ke bawah hingga sedalam 1,8 meter.

Tanaman Vetiver

Kelebihan vetiver juga terletak pada kemampuannya yang bisa bertahan dengan cuaca atau iklim yang kering, sehingga cocok untuk melindungi tanah dari erosi. Mengingat akarnya tumbuh cukup dalam, vetiver mampu mencegah tanah longsor, memperlambat aliran air, dan masih banyak lagi.

Selain manfaat untuk lingkungan, vetiver juga memiliki khasiat bagi kesehatan. Vetiver juga hadir dalam bentuk minyak esensial aroma terapi yang memiliki banyak manfaat. Apa saja itu? Berikut Okezone rangkumkan yang dilansir dari Ndtv :

Menghilangkan jerawat dan menghaluskan kulit

Minyak vetiver diklaim ampuh menyembuhkan jerawat membandel dan menghilangkan bekasnya. Hal ini berkat sifat anti-inflamasi dan anti-bakterial yang terkandung di dalamnya. Cara kerjanya pun terbilang mudah.

Minyak Esensial

Anda bisa mencampurkan beberapa tetes minyak vetiver ke dalam sabun pencuci muka, lalu bilas hingga bersih. Tambahkan sedikit minyak kelapa dan jojoba untuk kulit yang lebih mulus.

Menenangkan pikiran

Minyak vetiver juga dipercaya ampuh mengusir stres dan menenangkan pikiran. Sejumlah ahli mengklaim minyak vetiver merupakan salah satu aromatherapy yang mampu bekerja di ke tujuh chakra manusia. Cara kerjanya sangat sederhana. Anda bisa menggunakan diffuser, atau teteskan di pergelangan tangan, dada, dan leher.

Tanaman Vetiver

Meningkatkan daya tahan tubuh

Minyak vetiver kaya akan antioksidan. Kandungan ini sangat ampuh untuk meningkatkan daya tahan dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Tak hanya itu, antioksidan juga berfungsi untuk melawan radikal bebas. Cara pakainya pun terbilang mudah. Anda bisa menghirup aromatherapi minyak vetiver secara langsung, atau melalui alat khusus (difusser).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini