nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cegah Pneumonia Tiongkok Masuk Indonesia, Yuk Terapkan Saran Menkes Terawan

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Senin 13 Januari 2020 09:59 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 13 481 2152179 cegah-pneumonia-tiongkok-masuk-indonesia-yuk-terapkan-saran-menkes-terawan-ini-MeGYT8Ztb4.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

PENYAKIT pneumonia misterius tengah mewabah di Wuhan, Tiongkok. Terkait dengan pemberitaan tersebut, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto imbau Warga Negara Indonesia (WNI) untuk melakukan beberapa saran darinya.

menkes terawan

Sampai saat ini memang WHO belum melakukan pembatasan perjalanan ke Tiongkok. Namun, Menkes Terawan mengimbau masyarakat untuk membiasakan berperilaku hidup sehat, seperti cuci tangan sebelum makan, mengonsumsi makanan bergizi, makan buah dan sayur, serta melakukan aktivitas fisik setidaknya setengah jam setiap hari. Itu semua demi mencegah tertularnya penyakit pneumonia

Menkes Terawan juga meminta agar masyarakat memakai masker agar tidak menularkan penyakit pneumonia ke orang lain. Jika sakit, segeralah ke fasilitas kesehatan untuk berobat.

Dikutip Okezone dari situs resmi Sehat Negeriku, Menkes Terawan mengimbau WNI yang baru saja berpergian dari Tiongkok melakukan hal-hal berikut ini:

pneumonia

1. Menghindari berkunjung ke pasar ikan atau tempat penjualan hewan hidup.

2. Jika dalam perjalanan merasa berinteraksi dengan orang dengan gejala demam, batuk, dan susah bernafas atau jatuh sakit dengan gejala yang sama, agar segera berobat menuju fasilitas kesehatan terdekat.

3. Jika saat di Indonesia menunjukkan gejala demam, batuk, dan sukar bernapas agar segera berobat. 

Menkes Terawan meminta jika ada gejala dari penyakit pneumonia, Anda diminta untuk cek di Puskesmas. Langkah dini untuk pencegahan penyakit pneumonia juga bisa dilakukan dengan rajin cuci tangan. 

“Jika ada tanda-tanda seperti itu, agar segera ke Puskesmas atau fasilitas pelayanan kesehatan lainnya. Pencegahan yang dapat dilakukan dengan higienis diri termasuk cuci tangan. Itu yang saya minta terus digalakkan di lingkungan masyarakat,” imbau Menkes Terawan.

Sementara itu, Menkes Terawan mengatakan, hingga saat ini tidak ada laporan penularan pneumonia misterius Tiongkok ke Indonesia. Pneumonia tersebut masih diinvestigasi untuk ditemukan penyebabnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini