Kenali Gejala Pneumonia pada Anak, Cegah Jangan Sampai Terlambat

Adityo Bagas, Jurnalis · Selasa 14 Januari 2020 05:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 13 481 2152513 kenali-gejala-pneumonia-pada-anak-cegah-jangan-sampai-terlambat-xfOYEWMwfC.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KASUS pneumonia misterius yang terjadi di China telah memakan satu orang korban. Meskipun korban tersebut adalah lansia, tapi tidak menutup kemungkinan pneumonia tersebut menyerang anak-anak.

Pneumonia yang terjadi oleh anak memang umum terjadi saat ini, kondisi tersebut mempengaruhi 150 hingga 156 juta anak, dengan rentan pada anak usia di bawah 5 tahun. Meskipun, pneumonia memang tidak separah dahulu, karena adanya antibiotik serta perawatan lainnya.

Dilansir dari hearthline.com, salah satu pneumonia saat ini yang paling diwaspadai orang-orang termasuk orangtua adalah pneumonia berjalan. Pneumonia tersebut merupakan bentuk pneumonia yang sangat terlihat pada anak-anak dan orang dewasa.

Pneumonia tersebut merupakan bentuk pneumonia yang sangat terlihat pada anak-anak dan orang dewasa.

Pneumonia berjalan ini biasanya memiliki efek yang tidak terlalu parah dibandingkan dengan gejala pneumonia lain. Gejala pneumonia berjalan, biasanya seringkali mirip dengan gejala pilek atau hidung yang tersumbat.

Seorang anak dengan pneumonia berjalan biasanya akan makan dan tidur secara normal, dan memiliki saluran pencernaan yang normal dan lancar.

Tapi, ada beberapa gejala yang akan dialami anak tersebut, meliputi batuk berkepanjangan, demam ringan, sakit kepala, tubuh menggigil, nafsu makan menurun, nyeri dada, merasa cemas dan kesulitan bernapas.

Dokter Anak Karen Gill menyebut, semua jenis pneumonia disebabkan oleh infeksi paru-paru. Pneumonia berjalan ini sering disebabkan oleh infeksi dengan bakteri Mycoplasma pneumonia, virus tersebut jarang terjadi pada anak di bawah 4 tahun.

"Banyak kasus pneumonia berjalan yang disebabkan oleh virus pernapasan, seperti virus pernapasan syncytial. Satu studi menunjukkan bahwa pneumonia yang disebabkan oleh infeksi M. pneumoniae cenderung terjadi dalam siklus tiga hingga empat tahun," jelas dia.

Nah, jika ada perokok dekat anak tersebut, dia akan lebih rentan terkena pneumonia. Tidak berbeda jauh dengan kondisi rumah yang kurang terawat atau kurang memiliki ventilasi, sehingga membuat udara kurang bersih.

 Pneumonia berjalan pun dapat terlihat lewat pemeriksaan fisik.

Selain itu, anak yang tengah memiliki kondisi kesehatan lemah, akan lebih mudah untuk terkena pneumonia. Pneumonia berjalan pun dapat terlihat lewat pemeriksaan fisik.

Pada kondisi ini, area paru-paru telah terinfeksi dan terisi dengan cairan, cairan tersebut membuat paru-paru terdengar berbeda dari paru-paru sehat ketika anak Anda bernapas.

Dalam beberapa kasus, infeksi akibat pneumonia berjalan mungkin tidak memerlukan perawatan selain istirahat. Tapi yang lebih umum, dokter selalu memberikan resep antibiotik yang harus dikonsumsi sekira 14 hari.

Meski sudah tidak ada infeksi, tapi butuh waktu empat hingga enam minggu untuk membersihkan semuanya, dan pemberian antibiotik tersebut tidak pernah putus selama pemulihan. Vaksin juga membantu mencegah infeksi lain yang terjadi bersamaan dengan pneumonia seperti pneumokokus, campak, dan varisela.

Bila anak Anda sudah terjangkit dengan virus tersebut, Anda harus mengambil tindakan pencegahan ekstra untuk mengurangi risiko penyebarannya ke orang lain, yaitu menjaga kebersihan dengan bercuci tangan sebelum makan, dan ganti sikat gigi anak Anda selama dua minggu sekali.

"Salah satu studi telah menemukan penelitian jika anak Anda menderita asma, pneumonia akan memburuk gejalanya. Dalam beberapa kasus, para peneliti telah menemukan bahwa diagnosis baru asma juga dapat berkembang setelah pneumonia," jelas dr Karen.

"Infeksi pneumonia ini disebabkan oleh berbagai organisme yang membuat anak Anda mudah tertular. Maka dari itu, bersihkan segala permukaan yang biasa disentuh di sekitar rumah Anda, seperti gagang pintu, flush toilet, dan lainnya," tukas dia.

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini