Perjuangan Shivani Lawan Kanker hingga Sukses Jadi Atlet Panjat Tebing

Senin 13 Januari 2020 13:10 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 13 612 2152273 perjuangan-shivani-lawan-kanker-hingga-sukses-jadi-atlet-panjat-tebing-ryPJvmRL0H.jpg Shivani Charak. (Foto: Outdoorjournal)

DIDIAGNOSIS menderita penyakit kronis memang bukan kabar yang mudah diterima semua orang, tapi tidak bagi anak ini. Meskipun kena kanker, tapi dia berhasil menjalani segala pengobatan yang menyakitkan dan berada di piramida teratas.

Lahir dan besar di Jammu, India, Shivani Charak menjalani hidup seperti anak-anak lainnya, menghabiskan waktu bermain bersama teman-teman, bersekolah dan mengerjakan tugas dari gurunya. Namun kehidupannya berubah 180 derajat, ketika pada 2009 Shivani saat berusia sembilan tahun, sebuah tragedi melanda dirinya.

“Saya ingat itu adalah hari Tahun Baru dan juga ulang tahun sepupu saya. Semua orang sedang merayakannya, tetapi saya merasakan sakit yang amat sangat di perut," tuturnya seperti dilansir dari Yourstory.

tapi dia tidak pernah menunjukkan rasa sedihnya kepada orangtuanya.

"Adik saya melihat saya menangis dan memberi tahu orang tua saya tentang hal itu. Mereka membawa saya ke dokter, dan ayah saya memaksa dokter untuk melakukan USG. Saya kemudian dibawa ke Chandigarh dan dikonfirmasi saya mengalami kanker ovarium,” tambahnya.

Mental baja nampaknya sudah tertanam pada diri Shivani sejak kecil. Meskipun rambutnya mulai rontok, sakit yang amat sangat menyerang dirinya, tapi dia tidak pernah menunjukkan rasa sedihnya kepada orangtuanya.

“Jika saya menangis di depan orang tua saya, mereka juga akan menangis. Jadi, saya selalu berusaha untuk tetap kuat. Itu adalah saat yang sangat sulit,” dia menambahkan.

Usaha kerasnya membuahkan hasil, pada 2012, Shivani dinyatakan bebas kanker dan mulai bersekolah secara teratur. Pada usia 14, ia menyatakan minatnya untuk melakukan olahraga panjat tebing seperti kakaknya.

Awalnya tidak mudah karena dia masih lemah. Dia membujuk saudara kembarnya untuk membantunya ketika latihan dan dalam satu tahun ia mulai mencintai dan mulai serius dengan olahraga ini.

Awalnya tidak mudah karena dia masih lemah.

Perlahan tapi pasti, Shivani mulai memenangkan banyak kompetisi, ia mendapatkan perunggu Asian Youth Championships di Bengaluru pada akhir tahun lalu.

Pada tahun 2019, ia juga berpartisipasi dalam IFSC ACC Asian Championships 2019 di Indonesia, sebuah pengalaman yang membuka jalannya menuju Asian Games dan Olimpiade

Wanita 18 tahun dari Jammu ini sekarang menjadi atlet panjat tebing top India, dan berharap mendapatkan tempat di Olimpiade Tokyo 2020, di mana semua atlet hebat akan bertanding di sana.

Dari yang didiagnosis menderita kanker pada usia sembilan tahun hingga dinyatakan sembuh dan melakukan olahraga ekstrem yang tidak semua orang bisa melakukannya. Shivani Charak adalah kisah pantang menyerah, tekad, dan keinginan untuk berhasil yang harus ditiru banyak orang.

"Sekarang aku benar-benar sehat, tidak ada jejak kanker dan dokter mengatakan saya dapat memiliki anak dan melakukan apa saja - bahkan menjadi atlet Olimpiade," tutupnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini