Cuma Flu atau Pneumonia? Ini Cara Membedakannya

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 14 Januari 2020 17:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 14 481 2152732 cuma-flu-atau-pneumonia-ini-cara-membedakannya-kehReSm6Gw.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

PENYAKIT pneumonia mendadak menjadi isu yang serius, setelah memakan 1 korban di China. Sampai sekarang, penyakit tersebut tidak diketahui penyebabnya.

Pneumonia sendiri merupakan infeksi paru-paru yang disebabkan virus, bakteri, ataupun jamur. Penyakit ini menular dari satu manusia ke manusia lain, tapi tidak dengan pneumonia yang disebabkan jamur, karena penyebarannya dari tumbuhan ke manusia.

"Pneumonia adalah infeksi paru-paru yang sangat serius. Penyakit ini bisa disebabkan oleh bakteri, virus, atau jamur. Penyakit ini bisa diobati dengan mengonsumsi antibiotik atau bila kondisi buruk, mendapat penanganan medis intensif tentu akan lebih baik," kata Dr. Jordan Owens seperti dilansir dari cbs19.

penyakit pneumonia bisa dialami oleh semua orang

Dr Owens menjelaskan, penyakit pneumonia bisa dialami oleh semua orang, tapi akan menjadi sangat rentan bagi anak di bawah 5 tahun dan lansia di atas 65 tahun. "Kelompok rentan ini bahkan bisa meninggal dunia akibat pneumonia," sambungnya.

Bicara mengenai pneumonia, maka kita mesti ketahui bahwa penyakit ini kebanyakan berasal dari virus korona yang juga menyebabkan flu pada umumnya. Jadi, antara flu dan pneumonia itu sumbernya sama, tapi dengan gejala yang berbeda.

Nah, karena dari sumber masalah yang sama, penting bagi kita untuk membedakan penyakit flu biasa dengan pneumonia. Seperti dilansir dari CBS19, ada beberapa gejala khas yang harus Anda perhatikan ketika Anda sedang flu sebab bisa saja itu mengarah pada pneumonia.

Pneumonia itu bisa dikenali dengan munculnya gejala-gejala seperti kuku dan bibir kebiruan, tubuh panas dingin, batuk berdahak bahkan berdarah, nafsu makan menurun, kelelahan ekstrem, demam hingga 41 derajat celsius, nyeri saat bernapas, detak jantung lebih cepat, berkeringat, dan kesulitan menarik napas.

nyeri saat bernapas, detak jantung lebih cepat, berkeringat, dan kesulitan menarik napas.

Selain gejala tersebut, pada orang dewasa, pneumonia dapat menyebabkan kebingungan. Sementara itu, pada anak-anak pneumonia menyebabkan keluarnya suara saat si anak menarik napas dalam.

Meskipun memiliki gejala yang hampir mirip dengan mereka yang mengalami flu seperti demam dan batuk, tapi pneumonia bisa menyebabkan kelelahan ekstrem.

Selain itu, flu biasanya hanya ditandai dengan suhu tubuh 38 derajat celsius dan batuknya kering. Gejala flu lainnya adalah sakit kepala dan nyeri di seluruh tubuh.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini