nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Masih Dipercaya, 5 Mitos Tidur Ini Sering Dianggap Sepele

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Selasa 14 Januari 2020 21:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 14 481 2152866 masih-dipercaya-5-65279-mitos-tidur-ini-sering-dianggap-sepele-fGRh9DA7R0.jpg Mitos tidur yang masih dipercaya banyak orang (Foto: Shutterstock)

Tidur merupakan bagian terpenting dalam kehidupan manusia. Aktivitas ini memungkinkan seseorang untuk mendapatkan istirahat yang berkualitas, serta mengembalikan energi yang terkuras habis setelah melakukan rutinitas sepanjang hari.

Namun terkadang, siklus tidur seseorang tidak menentu. Bahkan ada yang sampai mengalami sindrom insomnia. Alhasil, banyak mitos yang bermunculan seputar tata cara mendapatkan tidur yang berkualitas.

Berikut Okezone rangkumkan ulasan lengkapnya, seperti dilansir dari Times of India, Selasa (14/1/2020).

Tidur

Bergegas awal, tidur lebih cepat

Banyak yang beranggapan bergegas lebih awal ke tempat tidur membuat diri lekas terlelap, tapi sebenarnya tidak. Jika Anda menghabiskan waktu di ranjang setiap malam tanpa tidur, tubuh Anda justru akan menganggap kebiasaan tersebut sebagai sebuah kondisi di mana Anda sedang tidak beristirahat. Sehingga dapat memicu timbulnya insomnia. Beranjaklah ke tempat tidur bila Anda benar-benar sudah merasa kantuk.

Mendengkur merupakan hal yang biasa

Semua orang pasti sepakat bila mendengkur merupakan hal yang menjengkelkan, tapi sebetulnya itu berbahaya dan bisa menandakan Anda mengidap penyakit serius. Mendengkur dapat menjadi gejala dari masalah tidur yang serius yakni, OSA (obstructive sleep apnea). Penyakit ini menyebabkan penyumbatan sebagian atau total saluran udara. Masalah ini juga mengganggu kualitas tidur Anda dan juga meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular dan masih banyak lagi.

 Tidur

Alkohol bantu masalah tidur

Selain memberi Anda alasan untuk lebih sering minum, mitos ini sama sekali tidak berkaitan dengan tidur. Alkohol sebenarnya berlawanan dengan apa yang Anda pikirkan terkait tidur. Sebab, alkohol dapat membatasi tubuh Anda memproduksi melatonin. Melatonin diperlukan tubuh untuk membuat tidur lebih nyenyak dan nyaman. Mengonsumsi alkohol juga membuat Anda merasa tidak sepenuhnya istirahat.

Turunkan jendela mobil mampu atasi kantuk

Merasa kantuk saat mengemudikan kendaraan sudah menjadi hal yang lumrah. Banyak orang yang berasumsi bahwa dengan membuka jendela mobil atau menyalakan AC dapat mengusir rasa kantuk. Ini salah besar. Satu-satunya solusi yang bisa Anda lakukan adalah menghentikan mobil sejenak di tempat yang aman untuk beristirahat, atau mencari asupan kafein seperti kopi. Namun perlu diketahui, efek kafein baru bekerja 30 menit setelah kopo dikonsumsi.

 Tidur

Kurang tidur tidak masalah

Kurangnya kuantitas dan kualitas tidur diklaim sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Mendapatkan tidur berkualitas sangat penting untuk kesehatan mental dan fisik, serta mampu memulihkan otot yang tegang. Bagi orang dewasa disarankan memiliki porsi tidur 7 hingga 9 jam setiap malam. Kurangi kebiasaan begadang, pikirkanlah efek jangka panjang bagi kesehatan tubuh Anda.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini