nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Tips Jual Barang Second Lewat Online agar Cepat Laku

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 15 Januari 2020 14:23 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 15 194 2153174 5-tips-jual-barang-second-lewat-online-agar-cepat-laku-LybpyyDAKg.jpg Ilustrasi (Foto : Bulq)

Terkadang ketika membeli suatu barang kita hanya memakainya sesekali, setelah itu hanya menumpuk di rumah. Daripada tidak terpakai, lebih baik dijual menjadi pre-loved atau barang second.

Melalui kemudahan teknologi dan media sosial, Anda bisa memanfaatkan ini dengan berjualan barang second alias pre-loved lewat cara online.

Tapi seperti apa sih tipsnya dalam menjual online barang second agar cepat laku? Menyitat Cocoteasparty, Rabu (15/1/2020) yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Unggah foto berkualitas bagus dan penjelasan detail

Kualitas gambar sangat berpengaruh kuat dalam berjualan online. Sebagai penjual, kita harus mengunggah gambar barang dagangan dengan kualitas baik sehingga bisa membuat para calon pembeli jadi tertarik.

Jual Barang Online

Setelah memastikan kualitas gambar produk dagangan yang diunggah sudah oke, sekarang lanjut ke penjelasan barang. Ya, penjelasan barang second adalah faktor vital. Jadi deskripsikan dengan detail tentang barang dagangan, mulai dari ukuran, warna, material bahan, instruksi cara membersihkan, hingga detail adanya goresan atau tanda-tanda yang terlihat pada desain produk.

2. Harga adil dan bersaing

Siapa sih penjual yang tidak mau untung? Tapi ingat, sebisa mungkin, pasanglah harga serealistis mungkin. Secara online, di dunia maya para calon pembeli bisa begitu mudah dan cepat mendapatkan perbandingan harga.

Jadi ketika Anda memasang harga yang terlalu tinggi, para calon pembeli pasti akan cepat kabur. Jika bingung saat menentukan harga, Anda bisa cari berkeliling kisaran harga rata-rata di pasaran dari produk yang ingin dijual.

Jual Barang Online

3. Waktu yang tepat

Perfect timing di sini maksudnya pintar memilih waktu. Bukan hanya masalah memilih hari, tapi juga bahkan jam. Pilih waktu ‘prime time’, yakni saat mayoritas orang sedang online. Biasanya untuk malam hari, di sekira jam 6 hingga 8 malam di hari kerja. Sedangkan untuk sore, Anda bisa unggah barang dagangan di pukul 4 sampai 6 sore di saat akhir pekan.

4. Pengaturan

Agar tidak mengulang ,tulis dengan lengkap keterangan lengkap jadwal peluncuran barang dagangan yang baru. Misalnya dengan menuliskan ‘upload terbaru di setiap hari Kamis dan Jumat’, sehingga para pembeli juga jadi tahu. Selain itu, sebagai penjual Anda baiknya membeli kemasan atau kotak paket, label nama, kartu ucapan , lem dan sebagainya sebelum memulai proses penjualan.

Jual Barang Online

5. Mempertimbangkan pilihan lain

Jika tidak sempat untuk menjual barang-barang second ini sendirian secara online, ada pilihan lain yang bisa diambil. Misalnya dengan menggunakan jasa reseller, atau panggil teman-teman terdekat untuk membantu Anda menggelar garage sale atau jumbo sale di sekitar rumah.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini