nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Bakal Jadi Persinggahan Meghan Markle-Pangeran Harry, Kanada Ternyata Belum Siapkan Diri

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 15 Januari 2020 12:12 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 15 196 2153113 bakal-jadi-persinggahan-meghan-markle-pangeran-harry-kanada-ternyat-belum-siapkan-diri-GltQd9pNKF.jpg Meghan Markle. (Foto: Reuters)

PASANGAN Duke dan Duchess of Sussex, Pangeran Harry dan Meghan Markle dikabarkan akan keluar dari Kerajaan Inggris dan pindah ke Kanada. Meskipun pindah, tapi mereka berjanji akan tetap rutin kembali ke Inggris.

Tapi, perjalanan tersebut tentunya menghabiskan biaya yang tidak sedikit. Apalagi, mereka perlu mendapat pengawalan ekstra yang artinya memerlukan biaya lebih besar.

Oleh karena itu, Perdana Menteri Kanada, Justin Trudeau dilaporkan setuju bahwa para pembayar pajak di Kanada seharusnya membiayai biaya proteksi keamanan untuk Meghan dan Harry, selama keduanya berada di Kanada. Tapi, keputusan tersebut ternyata belum mendapatkan dukungan penuh.

Sebagaimana diwarta Foxnews, Menteri Keuangan Kanada, Bill Morneau mengatakan bahwa pemerintah federal belum memutuskan apakah akan ada anggaran khusus bagi pasangan tersebut.

 mereka perlu mendapat pengawalan ekstra yang artinya memerlukan biaya lebih besar.

“Kami belum menyediakan waktu untuk memikirkan tentang isu ini. Pastinya kami tengah mencari cara untuk memastikan, sebagai salah satu anggota Persemakmuran, kami memainkan peran. Saat ini kami belum ada diskusi mengenai subjek ini,” ujar Bill Morneau kepada para awak media di Toronto.

Memang, keputusan untuk mundur sebagai senior member kerajaan Inggris yang diambil Meghan dan Harry telah mendapatkan respons dari Ratu Elizabeth II, sebagai nenek dari Pangeran Harry sekaligus pemimpin tertinggi monarki Inggris.

Dia pun mengeluarkan pernyataan resminya, dengan menyatakan mendukung keputusan Harry dan Meghan. Menurutnya, lewat diskusi dengan anggota keluarga lainnya, mereka telah memutuskan dukungan konstruktif tentang masa depan cucu laki-laki saya dan keluarganya.

"Keluarga dan saya pribadi mendukung seutuhnya keinginan Harry dan Meghan untuk menciptakan kehidupan baru mereka sebagai keluarga muda. Meskipun kami lebih menyenangi mereka untuk tetap sebagai senior member Royal Family, tapi kami menghargai dan mengerti keinginan mereka untuk bisa hidup dengan lebih mandiri,” demikian bunyi pernyataan resmi Ratu.

mereka telah memutuskan dukungan konstruktif tentang masa depan cucu laki-laki saya dan keluarganya

Tidak hanya itu, di pernyataan yang sama, perempuan 93 tahun tersebut juga menyinggung soal finansial Meghan dan Harry. Mengingat Harry dan Meghan telah menyatakan tidak akan lagi tergantung pada uang dari publik di kehidupan mereka.

Meski demikian, Ratu mengaku masih butuh waktu beberapa saat ke depan, untuk memberikan keputusan karena hal ini dilihat sebagai suatu masalah yang lebih kompleks. Dia melanjutkan, keputusan Harry dan Meghan untuk tidak bergantung pada kerajaan, meski begitu perlu adanya transisi terhadap pola hidup mereka.

"Ini merupakan masalah yang pelik bagi kehidupan keluarga kami, masih banyak pekerjaan yang harus kami lakukan, tapi saya yakin keputusan akhirnya dapat kami capai dalam beberapa hari ke depan," tulis Ratu.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini