nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Tanda Anak Bermental Lemah Akibat Pola Asuh Orangtua yang Terlalu Mengatur

Pradita Ananda, Jurnalis · Rabu 15 Januari 2020 19:30 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 15 196 2153317 3-tanda-anak-bermental-lemah-akibat-pola-asuh-orangtua-yang-terlalu-mengatur-E8pD9nQB9X.jpg Ibu dan anak (foto: Psychologies)

ANAK bermental lemah dapat ditandai oleh 3 tanda berikut ini. Salah satu faktornya disebabkan pola asuh orangtua yang terlalu mengatur.

Segera sadari dan ubah pola asuh jika Anda sebagai orangtua merasa terlalu mengontrol gerak-gerik anak hingga membuatnya tidak nyaman. Pola asuh yang terlalu mengatur dapat menghambat perkembangan mentalnya. Dikutip Themaindsjurnal, berikut tanda-tanda anak bermental lemah selengkapnya:

 Anak

1. Pasif

Pola asuh orangtua yang terlalu mengatur anaknya, kemungkinan memiliki karakter pasif. Tidak antusias terhadap sesuatu an bahkan cenderung menunda-nunda. Pasalnya, karena mereka sudah terlalu dikontrol terlalu lama, sehingga tak heran telah kehilangan motivasi intrinsik, harga diri yang sebenarnya, dan rasa kepentingan untuk diri sendiri.

2. Tidak mandiri

Mengingat selalu ada sosok orang lain yang selalu siap sedia untuk ‘membereskan’ segala sesuatu dalam kehidupannya. Salah satu karakter yang dikatakan kemungkinan ada pada anak-anak dengan orang tua over-controlling adalah kemungkinan untuk tergantung pada orang lain. Ketidakberdayaan dan ketergantungan ini dipelajari dari sosok yang mengontrol diri mereka selama ini, atau bisa juga karena "kebutuhan" untuk mengendalikan orang lain.

 Pola asuh orangtua

3. Cenderung menghukum diri sendiri

Saat merasa diri sendiri buruk, tidak berharga, tidak kompeten, malas, bodoh, egois, sehingga merasa diri tidak sempurna. Anak-anak ini disebutkan berpeluang untuk menghukum dirinya sendiri, salah satunya bisa dengan cara melukai atau merusak diri sendiri. Hal ini dipicu karena mereka terus-terusan dilukai baik secara mental atau fisik. Ditambah lagi dengan tidak belajar bagaimana cara mencintai diri sendiri. Demikian seperti diwarta Themindsjournal, Rabu (15/1/2020).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini