nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tatung Siap Meriahkan Tahun Baru Imlek di Singkawang

Dina Prihatini, Jurnalis · Rabu 15 Januari 2020 19:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 15 406 2153302 tatung-siap-meriahkan-tahun-baru-imlek-di-singkawang-UAffjLjrtM.jpg Festival Cap Go Meh di Singkawang. (Foto: Dina/Okezone)

MERAYAKAN Tahun Baru Imlek di Kota Singkawang selalu dirindukan banyak kalangan. Tahun ini pun Kota Singkawang bersiap menggelar Festival Cap Go Meh dengan suasana meriah.

Wisatawan yang ingin menyaksikan Festival Cap Go Meh di Kota Singkawang dapat berkunjung pada pertengahan Februari 2020. Ada banyak pertunjukan pesta khas perayaan Tahun Baru Imlek yang bisa Anda saksikan.

Festival Cap Go Meh memang tak luput dirayakan oleh etnis Thionghoa di hari ke-15, usai perayaan Tahun Baru Imlek. Festival tersebut dapat dinikmati masyarakat lokal maupun mancanegara, sebagai salah satu destinasi wisata ke Kota Singkawang.

tatung

Persiapan pun mulai dilakukan oleh panitia demi menyukseskan perayaan Festival Cap Go Meh. Dari mulai memasang pernak-pernik di klenteng hingga persiapan lainnya.

Ada juga tatung yang disiapkan untuk meramaikan festival, seperti tahun lalu. Tatung dalam bahasa Hakka adalah orang yang dirasuki roh dewa atau leluhur, sebagai perantara yang dijadikan alat komunikasi bagi para leluhur atau dewa tersebut.

Ketua Divisi Tatung Panitia Imlek dan CGM Singkawang, Bong Hon Kiun mengatakan, sekira 813 tatung dihadirkan tidak saja berasal dari Singkawang. Tetapi juga dari luar daerah juga luar negeri. Termasuk dari Malaysia, Taiwan serta beberapa negara lainnya.

"Jumlah tatung yang menjadi peserta Festival Imlek dan Cap Go Meh pada tahun ini sebanyak 813 tatung. Pendaftaran tatung sudah berakhir pada 30 Desember 2019 lalu," ungkapnya kepada wartawan.

Menurutnya, peserta tatung dari Malaysia berjumlah 11 orang. Termasuk dari Taiwan serta beberapa daerah lainnya juga akan meramaikan acara yang juga akan terdaftar di MURI itu.

"Tidak hanya tatung, untuk atraksi lain juga ikut termasuk kuda lumping dari Pulau Jawa dan Kalimantan Barat. Tahun ini ada perubahan yaitu tatung dikelompokkan berdasarkan kecamatan masing-masing, seperti defile dan ada plang kecamatan atau daerah mana berasal, agar tidak berantakan,” ujarnya.

Sementara Kapolres Singkawang, AKBP Prasetyo Adhi Wibowo menegaskan, kepolisian telah berkoordinasi dengan Panitia Festival Imlek dan Cap Go Meh. Juga dengan Pemkot Singkawang, terkait pengamanan dan rute pada Festival Imlek dan Cap Go Meh 2571 atau 2020 Masehi di Kota Singkawang.

"Kami telah menyusun dan menyiapkan rencana pengamanan, baik lokasi maupun jalur acara," tuturnya.

Rencana Festival Cap Go Meh ini juga akan dihadiri Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Yasonna Hamonangan Laoly SH, MSc, PhD dan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini