nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Tren Kebiasaan Wisata Generasi Milenial, Kamu Termasuk?

Tiara Putri, Jurnalis · Rabu 15 Januari 2020 22:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 15 406 2153426 5-tren-kebiasaan-wisata-generasi-milenial-kamu-termasuk-EQDZwkmvSM.jpg Ilustrasi (Foto : Traveller)

Saat ini wisata sudah menjadi gaya hidup entah itu ke luar negeri maupun domestik. Masyarakat Indonesia tergolong senang berwisata. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), angka perjalanan wisata domestik Tanah Air pada 2018 mengalami peningkatan sebesar 12,37% bila dibandingkan tahun 2017.

Peningkatan juga terjadi pada tren berwisata ke luar negeri. Pada semester pertama 2019, angka berwisata ke luar negeri meningkat 10% dibandingkan periode yang sama pada 2018. Dari peningkatan tersebut, beberapa pihak ada yang melakukan survei untuk melihat kebiasaan wisata. Salah satunya kebiasaan wisata generasi milenial.

Berdasarkan rilis yang Okezone terima dari Firefox Lite, Rabu (15/1/2020), Mozilla mengadakan survei terhadap 501 responden berusia 18-32 tahun di Jabodetabek. Dari survei tersebut, terungkap 5 fakta unik kebiasaan wisata generasi milenial. Berikut ulasannya :

1. Lebih suka berwisata bersama keluarga

Liburan musiman merupakan hal penting bagi kebiasaan wisata milenial. Hasil survei menunjukkan, 88% responden berwisata pada waktu tertentu seperti akhir tahun, pertengahan tahun, atau di tanggal merah. Mayoritas responden dengan persentase 66%, lebih senang liburan bersama keluarga dibandingkan dengan teman atau kekasih.

Liburan

2. Destinasi wisata domestik lebih populer

Kebiasaan wisata generasi milenial lainnya adalah lebih memilih berwisata ke dalam negeri. Sebanyak 77% responden senang berlibur ke destinasi wisata domestik dibandingkan luar negeri walaupun memiliki anggaran yang mencukupi.

Selain itu, separuh responden mengatakan keunikan suatu destinasi wisata menjadi pertimbangan penting dalam pemilihan. Sebanyak 68% responden lebih senang menjelajahi berbagai tempat dalam satu kota atau wilayah saja dibandingkan harus pergi ke banyak kota namun tidak menjelajahinya secara keseluruhan.

3. Mengambil foto dan video adalah hal paling penting saat liburan

Sebanyak 94% responden mengatakan periode liburan ideal adalah 1-7 hari. Dalam rentang waktu terbatas itu, mereka selalu ingin mengabadikan setiap momen perjalanan dan menciptakan kenangan dengan mengambil foto atau video. Entah itu pemandangan, atraksi wisata, makanan, atau aktivitas lainnya.

Liburan

4. Media sosial adalah sumber referensi untuk merencanakan perjalanan

Setiap orang tentu ingin perjalanan wisata menjadi berkesan sehingga dibutuhkan rencana perjalanan. Wisatawan milenial memilih merencanakan wisatanya berdasarkan informasi dari Instagram, Youtube, dan Facebook.

5. Menyimpan dan membagikan informasi wisata melalui media sosial

Liburan

Setelah mengumpulkan informasi wisata, milenial memilih menyimpan informasi tersebut dalam format digital. Selain itu, 47% responden sering membagikan informasi wisata kepada orang lain di media sosial atau aplikasi berbagi pesan. Ada pula yang membagikan informasi ketika bertemu tatap wajah.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini