Share

5 Kebiasaan yang Bikin Anda Dapat Cap Buruk di Kantor

Tiara Putri, Okezone · Rabu 15 Januari 2020 22:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 15 612 2153404 5-kebiasaan-yang-bikin-anda-dapat-cap-buruk-di-kantor-PPkXBTaNQb.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SECARA tidak sadar, sikap ketika bekerja sebenarnya diam-diam dinilai oleh rekan kerja dan atasan. Tak jarang penilaian tersebut menjadi pertimbangan atasan untuk mengevaluasi performa kerja. Apabila ada kebiasaan buruk, tentu penilaiannya akan berkurang.

Ada beberapa kebiasaan buruk yang sebaiknya dihindari agar tidak mengurangi penilaian performa kerja. Berikut 5 kebiasaan buruk tersebut seperti rilis yang Okezone terima dari JobStreet.

Suka ribut sendiri

Tertawa keras atau mengobrol dengan waktu yang lama hingga lupa waktu dan tidak mengerjakan tugas memancing emosi. Hal ini dikarenakan dapat menggangu konsentrasi rekan kerja.

Mengobrol dan bercanda di kantor memang tidak salah asalkan di waktu yang tepat, contohnya saat waktu istirahat. Jangan sampai menunggu ditegur oleh atasan.

contohnya saat waktu istirahat. Jangan sampai menunggu ditegur oleh atasan.

Tidak tepat waktu

Pepatah mengatakan waktu adalah uang. Keseringan menyia-nyiakan waktu dapat membuat kerja menjadi tidak produktif. Sering datang telat saat masuk kantor atau sehabis istirahat dapat membuat orang lain memandang negatif seperti malas dan tidak menghargai waktu.

Ketika sudah mendekati tenggat waktu, coba bereskan pekerjaan sehingga tidak terlambat untuk mengumpulkan pekerjaan. Begitu juga saat datang rapat, jangan biarkan orang lain membuang waktunya.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Melakukan hal pribadi saat jam kerja

Belanja online, bermain media sosial, atau main game dapat membuat pekerjaan terhambat. Kebiasaan buruk ini sebaiknya ditinggalkan karena menimbulkan pandangan negatif dari rekan kerja terutama atasan.

Usahakan menahan diri dari kegiatan-kegiatan yang kurang penting agar pekerjaan tidak menumpuk.

Usahakan menahan diri dari kegiatan-kegiatan yang kurang penting agar pekerjaan tidak menumpuk.

Terlalu negatif

Sifat pesimis dan tidak bersemangat merupakan hal negatif yang sebaiknya harus dihindari juga. Contoh tindakan dari sifat tersebut antara lain merasa tidak akan pernah berhasil, merendahkan pandangan orang lain, selalu memikirkan hal buruk, dan tidak pernah melihat hal yang baik. Hal negatif dapat membuat seseorang selalu menggerutu sehingga tidak disenangi rekan kerjanya.

Suka mengambil barang milik orang lain

Ketika meminjam barang rekan kerja, jangan lupa untuk selalu minta izin dan mengembalikannya. Sebab barang itu ada karena dibutuhkan oleh pemiliknya. Apabila menghilang tentu pemilik merasa kesal.

Selain itu, jika ada rekan kerja yang menyediakan camilan atau makanan, jangan terus meminta kalau tidak ditawarkan. Saat mengambil juga jumlahnya harus dalam batas wajar.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini