Elpiji 3 Kg Naik Jadi Rp35 Ribu, Ini 3 Siasat Masak Biar Enggak Boros

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 16 Januari 2020 07:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 16 298 2153510 elpiji-3-kilogram-naik-rp35-ribu-ini-5-siasat-masak-biar-enggak-boros-wezGuBhVDS.jpg Ilustrasi. (Foto: Readerdigest)

WACANA penghentian subsidi elpiji 3 kilogram atau tabung melon akan berlangsung di semester dua tahun ini. Ibu-ibu harus bisa menghematnya saat masak agar tidak boros pengeluaran.

Nah, setelah elpiji 3 kilogram tidak lagi disubsidi pemerintah, harga belinya bisa mencapai Rp35 ribu. Enggak usah khawatir boros, karena Anda bisa mengakali saat masak.

Tapi bagaimana caranya ya? Okezone merangkum lima tips untuk menghemat elpiji 3 kilogram saat memasak. Berikut ulasannya, ditulis Rabu (16/1/2020).

Sering bersihkan kompor

masak

Poin yang satu ini seringkali dianggap sepele oleh banyak orang. Anda pasti berpikir bahwa lama atau tidaknya gas elpiji hanya bergantung pada pemakaian. Namun pada kenyataannya, bila kompor yang digunakan dipenuhi oleh kotoran justru dapat menghambat kinerjanya. Indikasi kompor yang bersih bisa dilihat dari tampilan warna apinya.

Api berwarna biru menandakan bahwa kompor terawat dengan baik. Api ini cenderung memiliki suhu panas yang lebih tinggi, sehingga akan membuat durasi memasak menjadi lebih singkat. Jadi, jangan malas membersihkan kompor ya, Okezoners!

Perhatikan selang dan regulator

Anda juga harus memerhatikan selang gas dan regulatornya. Sebab, kedua alat inilah yang nantinya menentukan kekuatan gas saat memasak.

Hindari penggunaan selang dan regulator berkualitas rendah, karena gas bisa terbuang sia-sia. Tidak ada salahnya merogoh kocek berlebih untuk membeli selang gas yang bagus dan tidak mudah kendur.

Begitu pula dengan regulator. Bila Anda asal-asalan memilih regulator, tidak menutup kemungkinan gas akan bocor dan memicu ledakan.

Masak dengan api kecil

Konon jika masak menggunakan dengan api kecil bisa menghemat elpiji 3 kilogram. Para ibu pun sudah banyak yang menerapkan dan terbukti hemat. Terapkan cara ini di saat Anda merebus air, daging atau saat masak sayuran yang berkuah.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini