Pilih Peralatan Masak yang Tepat Bisa Bikin Hemat Masak Pakai Elpiji 3 Kg

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 16 Januari 2020 09:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 16 298 2153528 pilih-peralatan-masak-yang-tepat-bisa-bikin-hemat-masak-pakai-elpiji-3-kg-kLCVRbA9XX.jpg Ilustrasi. (Shutterstock)

MEMILIH peralatan masak dengan ukuran yang tepat dikalim dapat menghemat penggunaan elpiji 3 kilogram. Selain itu, ada trik lainnya yang bisa Anda terapkan agar tak boros masak.

Wacana penghentian subsidi elpiji 3 kilogram yang bakal diberlakukan pada pertengahan 2020 ini jadi perbincangan hangat di kalangan ibu-ibu. Jangan khawatir boros karena ada trik yang mudah diterapkan.

Okezone punya tiga trik biar masak enggak boros saat menggunakan elpiji 3 kilogram yang bisa dilakukan. Ini dia ulasannya yang bisa Anda simak!

Gunakan peralatan berbahan stainless steel

panci

Meski harga peralatan stainless steel cenderung lebih mahal, namun peralatan ini dapat menunjang kegiatan memasak Anda secara maksimal. Termasuk menghemat gas elpiji.

Mari bandingkan dengan peralatan berbahan alumunium. Peralatan masak ini diklaim bukanlah penghantar panas yang baik, sehingga Anda membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mematangkan makanan.

Sebaliknya, peralatan berbahan stainless steel justru dapat menghantarkan panas secara sempurna, alhasil durasi memasak pun akan menjadi lebih singkat.

Cari alternatif memasak

api kompor

Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua jenis masakan harus diolah menggunakan kompor gas. Misalnya ketika Anda hendak mengolah makanan yang memerlukan waktu hingga berjam-jam lamanya. Alangkah baiknya jika proses pengolahan diakali dengan alat alternatif.

Contoh kecil, Anda bisa menggunakan rice cooker atau memakai panci presto untuk merebus daging supaya teksturnya menjadi lebih empuk. Bisa juga dengan memakai slow cooker dengan daya bantu listrik. Mudah bukan?

Sesuaikan ukuran peralatan memasak

wajan

Ukuran peralatan memasak juga menjadi salah satu faktor pemicu gas cepat habis. Bayangkan saja, bila Anda harus memasak makanan berporsi kecil, namun menggunakan wajan besar yang bisa dipakai untuk membuat 10 porsi makanan.

Hal ini justru akan memperlambat proses memasak, karena suhu panas tidak dihantarkan secara mata. Mulai dari sekarang, yuk teliti sebelum memilih peralatan memasak!

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini