nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Disangka, Orang Arab Ternyata Tergila-gila Makanan Jepang

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 16 Januari 2020 10:29 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 16 298 2153563 tak-disangka-orang-arab-ternyata-tergila-gila-makanan-jepang-fRg51IixJL.jpg Makanan Jepang Digemari di Arab Saudi (Foto: Arabnews)

Di berbagai penjuru dunia pasti makanan Jepang mudah untuk ditemui. Ketenaran makanan Jepang di berbagai negara memang sudah tak perlu diragukan lagi tak terkecuali di Arab Saudi.

Di negara tempat kelahiran Nabi Muhammad SAW itu, masyarakatnya kini tengah demam makanan Jepang seperti aneka tempura (goreng-gorengan) dan sushi. Makanan khas Jepang sendiri, sudah mulai diperkenalkan di Arab Saudi sejak 1985.

Kuliner jepang disukai

Belakangan popularitasnya semakin menjulang. Namun sayang, di tengah kepopulerannya, ketersediaan bahan-bahan asli makanan Jepang masih sangat kurang. Hal ini membuat banyak masyarakat Arab pencinta makanan Jepang, harus bersantap di restoran.

Beberapa bahan utama yang sering digunakan untuk memasak makanan Jepang, seperti beras sushi, tahu dan kombu kadang tersedia stoknya, kadang juga tidak. Lain lagi dengan bahan-bahan lainnya seperti rumput laut wakame, bonito, dan kewpie mayonnaise, faktanya lebih sulit untuk didapatkan di Arab Saudi.

Noura Alajmi, seorang koki yang sering membuat sushi, tempura dan makanan lezat lainnya, menilai kondisi ini mungkin karena imej dari makanan khas Jepang itu sendiri, yakni makanan yang rumit alias susah untuk dibuat sendiri.

Sushi nikmat sekali

"Aku tidak akan menyebutnya sulit, tapi dibutuhkan dedikasi dan kesabaran untuk membuat makanan Jepang yang enak. Tapi itu bukan tidak mungkin, itu bisa dilakukan,” ungkap Noura dikutip dari Arabnews, Kamis (16/1/2020).

Ia berharap dengan semakin tenarnya makanan Jepang di Arab Saudi, bahan-bahan pokok makanan Jepang seperti pasta miso, bonito flakes bisa segera tersedia di pasaran atau supermarket umum di Arab Saudi. Sebab, pasar dari pencinta makanan khas Jepang di Arab Saudi, nyatanya memang besar.

“Saya pikir ada pasar untuk itu. Orang-orang di sini suka makanan Jepang, dan masakan rumahan sangat disukai saat ini. Inginnya bahan-bahan pokok makanan Jepang bisa ada di supermarket di Arab Saudi, sehingga aku bisa berhenti memesannya secara online dengan harus membayar harga pengiriman yang konyol,” tambahnya.

Masuknya makanan Jepang ke Arab Saudi sendiri dimulai dengan hadirnya restoran Jepang pertama di Tokyo, pada Oktober 1985. Tak hanya restoran yang otentik, begitu juga restoran fusion Jepang yang menawarkan pilihan makanan Jepang yang cepat dan mudah juga telah menjamur di seluruh Arab Saudi.

Arab Saudi bahkan juga sudah memiliki pakar sushi lokal. Chef Khulood Olaqi, yang terkenal sukses mengubah bisnis sushi rumahannya menjadi restoran sushi gourmet. Khulood terkenal sebagai wanita Arab Saudi pertama yang membuka restoran sendiri dan mengelola dapur sendiri.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini