Ini 5 Langkah Mudah untuk Mulai Diet

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Kamis 16 Januari 2020 11:02 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 16 298 2153591 ini-5-langkah-mudah-untuk-mulai-diet-lom1SvSupQ.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

INGIN mulai berdiet? Nah, Anda bisa memulainya dengan melakukan 5 langkah mudah. Okezone siap membagi tips mudah untuk berdiet dengan memilih makanan sehat.

Faktanya, masih banyak orang menganggap mencari atau menyiapkan makanan sehat itu susah. Lebih gampang pesan makanan cepat saji. Padahal, bila kamu paham tentang arti makanan sehat, dengan mudah kamu bisa pilah-pilih makanan tersebut dari berjuta alternatif pilihan makanan yang ada.

Berikut ini adalah tips mudah memulai diet dengan cara mengasup makanan sehat, yang dirangkum Okezone dari redbook magazine.com serta berbagai sumber:

Hindari makanan olahan

Mulai sekarang, hindari mengonsumsi makanan olahan. Segala jenis makanan olahan: sekantong kripik, makanan beku, makanan cepat saji, makanan kalengan umumnya memiliki kandungan garam, kalori yang tinggi, plus tentu saja beragam bahan pengawet dan perasa di dalamnya.

Lebih baik, santaplah makanan segar antara lain buah, sayur, sereal gandum, ataupun makanan yang mengandung lemak baik. Pada dasarnya mengonsumsi banyak makanan segar atau fresh harus jadi bagian dari diet sehat.

Pada dasarnya mengonsumsi banyak makanan segar atau fresh harus jadi bagian dari diet sehat.

Bikin daftar belanja

Salah satu kunci diet sukses adalah menghindari pikiran melayang-layang membayangkan makanan lezat namun kurang baik efeknya bagi kesehatan karena tinggi lemak dan kalori. Maka, segera siapkan rencana menu makanan untuk seminggu, misalnya.

Nah, sebelum Anda belanja ke supermarket, duduk dan buatlah daftar menu makanan sehat yang ingin disantap untuk seminggu, misalnya. Cara ini membantu Anda menghindari belanja berlebihan, terutama menghindari belanja produk-produk makanan yang tinggi kalori.

Tip: jangan belanja bahan makanan saat lapar karena malah bisa membuat Anda belanja camilan yang jauh dari kata sehat.

Tetap realistis

Diet yang benar itu tidak akan menganjurkan Anda untuk stop atau berhenti makan. Diet yang benar, malah membantu Anda untuk memiliki pola makan yang teratur, yaitu: 3 kali makan besar dan 2 kali snacking. Tentukan tujuan diet Anda yang realistis saja.

Jangan terlalu ambisius, misal ingin turun 10kg dalam 1 bulan. Lebih baik turun berat badan secara perlahan namun stabil. Nah, kini Anda tinggal memilih jenis makanan dan snack sehat yang rendah kalori agar tubuh jadi lebih sehat dan bonusnya berat badan bisa turun.

agar tubuh jadi lebih sehat dan bonusnya berat badan bisa turun.

Tambah persediaan makanan sehat

Salah satu cara untuk menghindari godaan makan makanan kurang sehat atau berkalori tinggi adalah menyingkirkannya dari dapur Anda. Mulai sekarang, singkirkan persediaan camilan kripik kentang atau cookies dari lemari makanan di dapur.

Penuhi kulkas dengan sayur, buah, yogurt dan beragam makanan bernutrisi lainnya. Jika makanan sehat itu ada di depan mata, maka pasti Anda jadi termotivasi untuk menyantapnya.

Perbanyak makan protein dan serat

Protein dan serat adalah dua jenis makanan yang bisa membantu Anda untuk kenyang lebih lama. Jika Anda menambah banyak protein dan serat di dalam menu harian, maka keinginan untuk menyantap junk food pun jadi berkurang.

Contoh makanan kaya protein dan serat antara lain: telur, daging tanpa lemak, dada ayam, kacang-kacangan. Sayur, buah dan kacang-kacangan juga banyak mengandung serat yang baik untuk pencernaan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini