nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Yuk Bikin Ayam Kodok yang Wajib Ada di Meja Makan saat Imlek

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 16 Januari 2020 16:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 16 298 2153770 yuk-bikin-ayam-kodok-yang-wajib-ada-di-meja-makan-saat-imlek-NK09bOx9XZ.jpg Ayam Kodok. (Foto: Instagram)

SELAIN mi panjang umur, menu lain yang harus ada dalam perayaan Tahun Baru Imlek adalah Ayam Kodok. Bagaimana langkah memasaknya?

Ayam Kodok memang menjadi spesial karena sudah menjadi tradisi orang Tiongkok sejak dulu. Buat yang tidak tahu pasti hidangan ini dianggap unik.

Nah, jika Anda tertarik untuk membuat Ayam Kodok di rumah, ada resepnya lengkap yang dikutip dari akun Instagram @db_dapurbunda. Yuk simak artikelnya!

Bahan:

ayam kodok

1 ekor ayam, ambil kulitnya utuh-utuh

½ kg ayam giling

½ kg daging sapi giling

5 ptg roti tawar, rendam dalam air lalu remas

½ klg liver pasta

3 btr telur ayam

2 sdt gula

3 sdt garam

1 sdt lada

½ sdt vetsin/chicken powder (Optional)

½ sdt pala

4 btr telur rebus (untuk isi dalam)

Menguliti ayam:

1. Sudah gunting kuku? Kalau belum, silakan gunting kuku dulu. Mulailah dengan meletakkan jari jemari tepat di bawah kulit ayam bagian dada.

2. Gerakkan jemari perlahan mengikuti bentuk ayam hingga kulit ayam perlahan terlepas. Lakukan dengan hati-hati agar kulit ayam tidak robek.

3. Tinggalkan bagian sayap dan tulang dengkul di bawah paha (gunting tulang di atas sendi) agar bentuk ayam tetap cantik. Lakukan hingga seluruh kulit terlepas dari badan ayam.

Cara membuat:

1. Aduk semua bahan isi menjadi satu hingga rata kecuali telur rebus.

2. Setelah kulit ayam dilepas, isi dalamnya dengan adonan daging dan beri tambahan telur rebus juga. Isi terus hingga ayam menjadi padat dan bentuknya seperti seekor ayam utuh kembali.

3. Jahit rapat sambungannya dengan benang. Jahit juga bagian lain yang robek jika ada.

4, Setelah selesai, tusuk-tusuk ayam, lalu kukus hingga matang selama kurang lebih 1 jam. Goreng dalam minyak panas hingga kecoklatan atau panggang dalam oven hingga kering kulitnya.

Catatan:

Ayam akan lebih mudah dikuliti jika direndam dulu di dalam air selama lebih kurang satu jam. Jika ayam dipanggang, olesi permukaan ayam dengan campuran mentega dan madu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini