nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cegah Kebocoran Gas, Ini Tips Aman Menyimpan Elpiji di Dapur

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 16 Januari 2020 21:00 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 16 298 2153924 cegah-kebocoran-gas-ini-tips-aman-menyimpan-elpiji-di-dapur-qfLu7QZo1k.jpg Tips aman menyimpan gas elpiji di dapur (Foto: Pinterest)

Liquefied petroleum gas atau biasa disebut gas elpiji adalah komponen penting di dapur setiap rumah. Sulit rasanya membayangkan di zaman sekarang, jika harus melakukan kegiatan di dapur tanpa bantuan kompor gas.

Tapi meskipun sangat berguna, di sisi lain gas elpiji ini juga bisa jadi sesuatu yang sangat membahayakan jika tidak disimpan dengan tepat. Kecelakaan seperti bocor hingga meledaknya gas, bisa terjadi kapan saja.

Maka dari itu penting untuk mengetahui seperti apa tips aman menyimpan gas elpiji di rumah. Simak ulasan singkatnya di bawah ini, seperti disitat Manilastandard, Kamis (16/1/2020).

1. Peletakkan

Letakkan tabung gas elpiji di area yang punya ventilasi baik. Pastikan bahwa area tersebut tidak rentan terhadap kenaikan suhu dan jauh dari bahan yang mudah terbakar, seperti gorden dan pelarut. Tempatkan di area yang tidak mudah terkena banjir dan jauhkan dari jangkauan anak-anak. Hindari menyimpan gas elpiji di ruang bawah tanah. Sebab uap gas elpiji itu lebih berat daripada udara dan kebocoran apa pun akan meresap ke tanah, lalu menumpuk dan gas itu menjadi sulit untuk lepas.

Gas elpiji

2. Cek kondisi

Biasakan untuk memeriksa dengan teliti, apakah ada bagian gas elpiji yang rusak atau salah sebelum menggunakan gas elpiji tersebut. Pastikan gas elpiji yang dipakai memiliki katup, regulator, dan selang yang benar. Jangan menerima dan mengoperasikan gas elpiji yang ada bagiannya yang cacat, entah tidak benar atau tidak lengkap.

3. Saat masak 

Saat memasak di dapur, pastikan ruangan dapur itu berventilasi baik untuk mencegah partikel gas bocor. Jika dapur sebagai tempat penyimpanan gas elpiji punya ventilasi ruangan yang baik, maka gas tidak akan terjebak dan menumpuk di sekitar dapur. Ketika sedang masak, jangan meninggalkan masakan tanpa pengawasan karena panci atau wajan bisa meluap dan memadamkan api lalu menyebabkan gas bocor. Jangan lupa mematikan alat dan regulator gas elpiji saat tidak digunakan.

 Gas elpiji

4. Jaga kondisi 

Selalu jaga gas elpiji agar selalu berada di kondisi yang baik. Periksa apakah ada kebocoran, caranya bisa dengan menggosokkan air sabun pada tabung gas. Sebab kebocoran kecil saja bisa membuat gelembung sabun loh! Bersihkan outlet katup menggunakan plastic plugs (tutupan karet plastik). Pastikan pula tidak ada kotoran dan serangga masuk ke dalam outlet katup. Sedangkan untuk selang, disarankan untuk mengganti selang setiap dua tahun dan regulator gas elpiji setiap lima tahun.

5. Tidak diutak-atik 

Selalu ikuti instruksi resmi yang ada, mengenai penggunaan dan perawatan gas elpiji yang biasanya telah diberikan oleh pabrik. Jangan pernah iseng atau inisiatif mengutak-atik gas elpiji di rumah, ketika merasa dan melihat ada yang salah segera hubungi produsen penyedia gas elpiji untuk meminta bantuan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini