nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dijuluki Kota Serambi Madinah, Gorontalo Punya Berbagai Objek Wisata Seru

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 16 Januari 2020 15:08 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 16 406 2153766 dijuluki-kota-serambi-madinah-gorontalo-punya-berbagai-objek-wisata-seru-5vQQcCKuX5.jpg foto: ist

DIJULUKI sebagai kota Serambi Madinah, Gorontalo memiliki beragam destinasi wisata yang wajib disinggahi. Salah satunya, mengunjungi benteng otanaha yang merupakan benteng yang didirikan di abad ke-15 .

Kota Gorontalo juga memiliki objek wisata buatan seperti taman taruna remaja dengan patung pahlawan nasional, nani wartabone sebagai icon. Berbagai kerajinan tradisional kuliner dan makanan olahan khas Gorontalo juga dengan mudah bisa dijumpai di sini.

Salah satu kerajinan tradisional masyarakat Gorontalo yakni kopia karanji atau istilahnya topi keranjang. Produk ekonomi kreatif lainnya seperti kain karawo juga merupakan hasil kerajinan sulaman tangan masyarakat gorontalo. Bahkan promosinya sudah sampai ke luar negeri.

Sebagai kota yang mengandalkan sektor jasa dan perdagangan dan pemerintah, kota Gorontalo memang tahu benar bagaimana cara memanjakan para wisatawan. berbagai fasilitas pun disediakan mulai dari hotel dan penginapan, kafe dan resto, alat transportasi dan lainnya.

"Kita dikelilingi oleh daerah hinterland, yang kaya akan objek wisata baik pantai, gunung, alam dan lain sebagainya. itu yang harus dimanfaatkan oleh pemerintah dan masyarakat kota gorontalo," kata Marten A Taha, Walikota Gorontalo.

Kota Gorontalo merupakan gerbang untuk menuju objek wisata yang ada di kabupaten-kabupaten lainnya. seperti pulau cinta di kabupaten Bualemo yang sudah sangat mendunia karena kecantikan alam baharinya. Begitu pula keindahan pulau Saronde di kabupaten Gorontalo Utara. yang menjadi magnet bagi para wisatawan serta icon di kota Gorontalo.

Sementara itu, kabupaten Gorontalo menawarkan objek wisata yang berbeda, yakni kemegahan masjid Walima. Masjid berkubah emas dengan view yang menakjubkan. Di malam hari para wisatawan disuguhi kemegahan Pakaya Tower atau menara keagungan yang juga populer dengan nama Limboto Tower.

Tak jauh dari kota yakni tepatnya di kabupaten Bone Bolango juga terdapat destinasi wisata favorit yaitu taman wisata laut olele. Disini para pengunjung akan diajak berinteraksi langsung dengan ikan-ikan nan lucu atau sensasi pengalaman yang tak terlupakan snorkling di Cinkef.

Sebelum para wisatawan kembali ke kota asal, biasanya berswafoto di Pantai Kurenai yang berada di kota Gorontalo menjadi pilihan manis sambil menikmati sunset di saat senja.

"Saya suka banget sama pantai ini karena pada sore hari kita bisa dapat best view. Dan juga ini terkenal banget di kalangan anak muda Gorontalo sebagai tempat menikmati senja di sore hari," kata salah seorang wisatawan yang enggan disebut namanya.

(cm)

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini