nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hamil, Berapa Kenaikan Berat Badan Ideal yang Aman Bagi si Ibu?

Pradita Ananda, Jurnalis · Kamis 16 Januari 2020 19:04 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 16 481 2153911 hamil-berapa-kenaikan-berat-badan-ideal-yang-aman-bagi-si-ibu-rzk85cNeUA.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MENGALAMI kenaikan berat badan saat hamil adalah sesuatu yang sangat wajar, lantaran banyak ibu hamil yang mungkin merasa harus makan dengan porsi untuk dua orang.

Hanya saja, jangan karena kehadiran si janin lantas menjadi alasan untuk makanan apa saja. Anda juga harus memperhatikan asupan nutrisi dan gizi bagi sang janin bayi. Nah, sebetulnya berapa sih kenaikan berat badan yang aman bagi ibu hamil?

Sebagaimana ditulis Traci C. Johnson, MD dan diwarta Webmd, Kamis (16/1/2020), secara rata-rata perempuan hamil hanya membutuhkan sekitar 300 kalori sehat lebih banyak daripada sebelum hamil. Dengan demikian, maka akan membantu untuk memperoleh jumlah berat yang tepat selama kehamilan.

maka akan membantu untuk memperoleh jumlah berat yang tepat selama kehamilan.

Lantas, berapa hitungan berapa berat yang harus ditambah agar lebih tepat? Hal ini sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter kandungan langsung.

Seorang perempuan dengan berat badan normal sebelum hamil, idealnya mengalami kenaikan berat badan sekitar 25 hingga 35 pound atau kurang lebih sekira 11,3 kilogram hingga 15,8 kilogram setelah mengandung.

Sedangkan perempuan yang memiliki berat badan di bawah ambang batas normal sebelum mengandung, saat hamil harus mengalami kenaikan berat badan sebanyak 28 sampai 40 pound atau sekira 12,7 hingga 18,1 kilogram.

Nah, bagi mereka yang berat badannya sudah lebih dari batas normal sebelum hamil, hanya perlu mengalami kenaikan berat badan sebanyak 15 hingga 25 pounds atau 6,8 hingga 11,3 kilogram.

Secara umum, di tiga bulan pertama kehamilan (trimester satu), perempuan hamil harus menambah berat badan dari 2 sampai 4 pound atau 0,9 hingga 1,8 kilogram dan 0,45 kilogram seminggu selama sisa masa kehamilan.

kenaikan berat badan sebanyak 15 hingga 25 pounds atau 6,8 hingga 11,3 kilogram.

Tapi, lain lagi jika Anda tengah hamil anak kembar, maka Anda harus menambah 35 hingga 45 pound alias 15,8 hingga 20,4 kilogram selama hamil. Ini akan menjadi rata-rata 1,5 pon per minggu setelah kenaikan berat badan yang biasa dalam tiga bulan pertama.

Dalam satu hari, perempuan yang hamil anak kembar mungkin membutuhkan antara 3.000 dan 3.500 kalori sehari. 

Sangat penting untuk mendapatkan jumlah berat badan yang tepat ketika hamil anak kembar, karena berat badan sang Ibu itu sangat memengaruhi berat bayi loh!

Ditambah, biasanya anak kembar sering lahir sebelum tanggal yang diperkirakan, maka faktor berat badan saat lahir yang lebih tinggi penting bagi kesehatan bayi kembar. (mrt)

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini