Trik Masak Pakai Panci Listrik, Lebih Hemat dari Kompor Gas Elpiji 3 Kg

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 17 Januari 2020 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 17 298 2154104 trik-masak-pakai-panci-listrik-lebih-hemat-dari-kompor-gas-elpiji-3-kg-vXzanPfD6E.jpg Ilustrasi. (Shutterstock)

SAAT harga gas elpiji 3 kilogram resmi naik, Anda bisa mencari perangkat alternatif agar lebih irit pengeluaran saat masak. Selain magic com, Anda juga bisa mengandalkan panci listrik.

Masak menggunakan panci listrik memang lebih praktis dan hemat tenaga. Anda tinggal menunggu masakan matang, tanpa perlu sering mengaduk.

Di sisi lain, ada juga sisi negatifnya saat Anda masak menggunakan panci listrik. Hal itu dijelaskan oleh Chef Bahtiar Sigar dari Sheraton Belitung Resort.

panci listrik

Chef Bahtiar menuturkan, saat menggunakan panci listrik, Anda tidak bisa masak porsi besar. Karena ukuran panci lebih kecil, sehingga kapasitasnya terbatas.

"Panci listrik fungsinya lengkap banget dan cepat panas. Pemakaian listriknya juga tidak terlalu banyak," katanya saat dihubungi lewat sambungan telepon.

Dia sangat merekomendasikan masak pakai panci listrik, yang kini banyak dijual di toko-toko daring. Bahkan fungsinya diklaim lebih banyak dibanding magic com.

"Saya kemarin baru beli panci listrik seharga Rp80 ribu. Harganya setengah dari magic com yang bisa sampai Rp200 ribu sampai Rp300 ribu, irit banget kan," ungkap Chef Bahtiar.

Panci listrik, tambahnya, dinilai lebih aman untuk mengolah hidangan yang digoreng maupun ditumis. Jumlah watt-nya pun tidak berbeda jauh, sehingga Anda juga bisa menghemat biaya listrik.

Meski kapasitasnya terbatas, menurut Chef Bahtiar, panci listrik dianggap menjadi penyelamat orang-orang yang suka masak, tapi enggan lama-lama berada di depan kompor gas. Khususnya lagi buat anak indekos yang tidak memiliki dapur.

"Sejauh ini panci listrik oke-oke saja digunakan. Untuk anak indekos, panci ini penyelamat banget. Untuk ibu-ibu, panci listrik bisa jadi solusi sebelum beli kompor listrik," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini