nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mengenal 11 Tipe Jeruk Mandarin, Buah yang Selalu Hadir saat Imlek

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 17 Januari 2020 15:36 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 17 298 2154337 mengenal-11-tipe-jeruk-mandarin-buah-yang-selalu-hadir-saat-imlek-KHmY5ceDF8.jpg Jeruk Mandarin (Foto: Pcwallart)

Asli dari Asia Tenggara lalu dibudidayakan dalam jumlah besar di Tiongkok dan Jepang, kini jeruk mandarin telah menyebar jauh ke seluruh dunia. Buah ini juga menjadi variabel penting dalam perayaan Imlek.

Bentuk jeruk Mandarin yang bulat dengan warna kuning keemasan dianggap sebagai sesuatu yang menguntungkan, melambangkan kekayaan dan nasib baik. Secara teknis, buah satu ini juga punya ukuran yang pas sebagai hantaran untuk diberikan kepada orang lain ataupun untuk dikonsumsi pribadi.

Ketika perayaan Hari Raya Imlek, di supermarket dan pasar-pasar tradisional hadir banyak varian jeruk mandarin yang walau tampak sama luarnya tapi sebetulnya berbeda satu sama lain. Mengutip Asiaone, Jumat (17/1/2020) yuk simak ulasan 11 tipe jeruk mandarin, buah penting di sajian perayaan Imlek.

1. Ponkan

Jeruk Mandarin Ponkan

Berukuran sekitar tujuh hingga delapan sentimenter, dengan bentuk montok. Saat Imlek, jeruk Ponkan disebutkan paling populer karena segar, berair, kulitnya mudah dikupas dan punya rasa yang manis . Tapi karena jeruk Ponkan sifatnya tidak terkonsentrat, maka tidak bisa dimakan sedikit demi sedikit berulang kali.

2. Lukan

Jeruk Mandarin Lukan

Secara ukuran sama dengan jeruk Ponkan, tekstur kulitnya sedikit kasar dan sedikit berkerut, namun mudah untuk dikupas. Dari segi rasa, jeruk Lukan punya rasa yang sedikit lebih ringan dibandingkan Ponkan, dengan semburat asam dan agak manis. Kulitnya sangat harum, tapi terlalu lembut dan pahit jika digunakan sebagai bahan masakan.

3. Swatow

Jeruk Mandarin Swatow

Ukurannya sama dengan Lukan dan Ponkan, tapi tekstur kulitnya lebih tebal, kasar, sehingga lebih sulit untuk dikupas. Rasanya pun tidak terlalu manis, tapi bagian dagingnya terasa lebih kenyal. Di sisi lain, keunggulan jeruk ini adalah memiliki masa usia yang lebih panjang ketimbang jeruk mandarin lainnya. Bisa awet hingga dua sampai tiga pekan loh!

4. Kinno

Jeruk Mandarin Kinno

Jeruk Mandarin ini berasal dari Pakistan, ukurannya sekira tujuh sampai delapan sentimeter. Bentuknya agak kotak, punya kulit yang halus, mengkilap, lengket dan mempunyai banyak biji di dalamnya. Punya rasa yang manis dan tajam ketika sudah matang sempurna. Jeruk Kinno adalah tipe jeruk yang pas untuk dibuat minuman dan koktail, bisa juga sebagai masakan dan bahan membuat kue.

5. Mikan

Jeruk Mandarin Mikan

Ukurannya sedikit lebih kecil dibandingkan jeruk Mandarin lainnya, sebab hanya sekitar lima sampai tujuh sentimeter. Walau kecil, tapi rasanya manis dan segar juga ringan. Jeruk Mikan juga gampang dikupas, sangat berair dan tanpa biji. Jeruk Mandarin Mikan ini jadi jeruk spesial di beberapa wilayah di Jepang, Wakayama dan Ehime, serta di Korea tepatnya Pulau Jeju.

6. Clementine

Jeruk Mandarin Clementine

Dibudidayakan dari varietas jeruk Mandarin yang dibudidayakan di wilayah Mediterania. Rasanya lebih asam daripada yang lain, cukup berair tapi mudah dikupas dan tanpa biji. Mengingat karena sering diimpor dari Eropa, harga jeruk ini tentunya bisa lebih mahal.

7. Mandelo

Jeruk Mandarin Mandelo

Persilangan dari jeruk Mandarin, Tangerine dan Pomelo dari Amerika. Ukurannya seukuran jeruk Bali dengan visual kulit warna kuning kehijauan. Jeruk yang banyak bijinya ini rasanya sangat manis dengan tekstur berair. Untuk diolah jadi makanan, Mandelo adalah jeruk yang sempurna untuk dibuat jadi selai jeruk.

8. Dekopon

Jeruk Mandarin Dekopon

Jeruk mahal yang wajib hadir di supermarket di Jepang, saat musim perayaan Imlek. Biasa disebut sebagai Hallabong di Korea Selatan, jeruk Dekopon ini juga jadi salah satu buah khas Pulau Jeju. Aromanya ringan tapi kompleks, dengan cita rasa yang sangat pekat dan manis. Selain itu, karena lumayan berair sehingga praktis dibuat sebagai minuman ringan.

9. Honey Murcott

Jeruk Mandarin Honey Murcott

Jeruk yang punya ukuran lebar sekitar sembilan sentimeter, bentuknya montok dengan kulit yang sedikit lengket tapi tipis. Rasanya cukup manis dengan banyak juice alias sangat berair dan bijinya juga sedikit.

10. Sour Orange

Jeruk Mandarin Sour Orange

Biasanya terlihat musiman di pasaran sekira Desember hingga Januari. Dalam kultur di Jepang, di perayaan Imlek jeruk berukuran tujuh sentimeter ini melambangkan warisan keluarga. Secara tradisional, sejarahnya jeruk ini biasa dibuat sebagai selai jeruk, permen, minuman, ekstrak dan parfum. Sebab biasanya memang tidak dimakan mentah karena memiliki rasa yang sangat asam, banyak biji dan selaput kulitnya.

11. Tangerine

Jeruk Mandarin Baby Orange

Biasa disebut baby orange, karena ukuran lebarnya hanya empat sampai lima sentimeter. Punya kulit yang kasar tapi mengilap, dan biasanya dikemas bersamaan dengan beberapa helai daun hijau. Jangan salah, ini artinya melambangkan hubungan yang kuat antara orang yang menerima dan orang yang memberi.

1
4

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini