nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sisca Soewitomo Beri Trik Menghemat Gas Elpiji, Mudah Kok

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 17 Januari 2020 20:09 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 17 298 2154472 sisca-soewitomo-beri-trik-menghemat-gas-elpiji-mudah-kok-2vCSGetDIz.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

WACANA kenaikan harga gas elpiji 3 kilogram (kg) yang diproyeksikan pada pertengahan tahun ini, membuat masyarakat Indonesia ketar-ketir. Bagaimana tidak, bila sebelumnya harga 'si melon' ini dibanderol senilai Rp18 ribu, saat kebijakan diresmikan nanti harganya akan menyentuh Rp35 ribu per tabung.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Ada beberapa cara ampuh untuk mengakali kenaikan gas elpiji 3 kg ini. Salah satunya, adalah dengan membersihkan kompor gas secara rutin.

Hal tersebut dijelaskan secara gamblang oleh Pakar Kuliner Indonesia, Sisca Soewitomo. Menurut penjelasannya, kondisi kompor yang bersih cenderung lebih sedikit dalam penggunaan gas.

Tips bersihkan kompor gas ala Sisca Soewitomo

"Bersih itu dalam artian semua lubang-lubang di kompor tidak ada yang tersumbat. Lubang ini kan tempat keluarnya api, kalau tersumbat biasanya api akan lama keluar dan panasnya tidak maksimal," kata Sisca Soewitomo saat dihubungi Okezone via sambungan telepon.

Dijelaskan Sisca, teknik membersihkan kompor gas sebetulnya sangat sederhana. Caranya dengan menggunakan sikat, tusuk gigi atau jarum. Ketiga alat tersebut, digunakan untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang menutupi lubang-lubang kecil di tempat keluarnya api.

Hal ini biasanya terjadi saat seseorang mengolah hidangan yang memerlukan waktu lama, apalagi ada campuran minyak dan cairan seperti santan. Nah, campuran minyak tersebut yang kemudian mengeras dan tidak dapat terbakar.

Kendati demikian, kegiatan bersih-bersih ini harus dilakukan secara rutin agar kotoran sisa masakan tidak mengeras, sehingga nantinya akan sulit dibersihkan.

"Kotoran itu ada karena sisa-sisa masakan. Misalnya lagi masak hidangan berkuah seperti opor, terus kuahnya tumpah. Lama-lama dia mengeras dan menutup jalur keluarnya api. Kalau api keluarnya lancar, tentu gas pun akan semakin hemat karena proses memasak jadi lebih cepat," tegas Sisca Soewitomo.

Tips bersihkan kompor gas ala Sisca Soewitomo

"Sederhananya, kalau kompor dipakai memasak setiap hari. Sebaiknya dibersihkan setiap minggu. Bisa di akhir pekan, atau hari senin kalau memang akhir pekan dipakai untuk keluar bersama keluarga. Intinya dibersihkan. Jangan sekadar di lap-lap saja, lubangnya yang paling penting," tandas Sisca.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini