nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tengok Kelengkapan Fasilitas Terminal 3 Soetta, Menparekraf Wishnutama: Tak Kalah dari Bandara di AS

Dimas Andhika Fikri, Jurnalis · Jum'at 17 Januari 2020 23:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 17 406 2154563 tengok-kelengkapan-fasilitas-terminal-3-soetta-menparekraf-wishnutama-tak-kalah-dari-bandara-di-as-7paYKoOcCb.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio menilai, fasilitas Bandara Soekarno Hatta (Soetta) tidak kalah menarik dengan bandara internasional di Amerika Serikat, seperti Bandara Internasional Los Angles (LAX) dan Bandara John F. Kennedy (JFK) New York. Banyak fasilitas menakjubkan yang sudah tersedia di bandara tersibuk di Indonesia itu.

Hal itu diungkapkan Menparekraf Wishnutama, saat melakukan kunjungan kerja ke Bandara Soetta, Terminal 3. Dia menuturkan, meskipun fasilitas Bandara Soetta sudah lengkap, tak ada salahnya untuk dibenahi lagi. 

"(Fasilitas Bandara Soetta) luar biasa, sudah bagus. Bahkan saya surprise, tinggal ditata ulang. Saya melihat fasilitasnya sangat advance dalam hal teknologi, pelayanan dan lainnya," kata Wishnutama lewat siaran pers yang diterima Okezone.

bandara

Dia menuturkan, kelengkapan fasilitas serta suasana di dalam terminal setara dengan bandara internasional di Amerika Serikat. Seperti ketersediaan self check in, kemudahan proses imigrasi, hingga tempat pemeriksaan calon jamaah umrah, autogate tempat pemeriksaan imigrasi (TPI). 

Ada juga fasilitas tempat air siap minum di Boarding Lounge keberangkatan internasional, serta ketersediaan cinderamata atau kuliner khas Indonesia, sampai fasilitas lainnya.

"Bandara Soetta tidak kalah dengan bandara internsaional di Amerika Serikat, seperti LAX atau JFK, kita jauh lebih baik,” sambungnya.

Menparekraf Wishnutama juga menilai, setiap sudut dan suasana Bandara Soetta, memiliki mendalam bagi wisatawan. Banyak sisi menarik yang ditampilkan, dengan mengangkat beragam budaya Indonesia  

"Karena bandara itu gerbang pertama untuk menerima kunjungan wisatawan, suasana yang dihadirkan di sini sangat menarik. Ada tarian-tarian juga yang dihadirkan, sehingga memberikan pengalaman yang positif bagi wisatawan," ujarnya. 

Saat berkunjung ke Terminal 3 internasional, Menparekraf Wishnutama didampingi oleh Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo. Tak lupa Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin turut mengecek berbagai fasilitas, yang menonjolkan kebudayaan Indonesia. 

Mereka juga melihat fasilitas penunjang lainnya di Airport Operating Control Center (AOCC). Gedung tersebut berfungsi sebagai suatu command center untuk mengawasi operasional di sisi udara dan sisi darat, serta mencakup seluruh aktivitas kedatangan dan keberangkatan di bandara.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin menambahkan, menindaklanjuti arahan Menparekraf Wishnutama, konsep Bandara Soetta siap diubah konsepnya. Langkah ini juga dapat meningkatkan mutu pelayanan, agar semakin berkesan bagi wisatawan.

“Kita ingin mendukung program dari Kementerian Pariwisata dengan menghadirkan parade budaya nusantara tiap pekan. Selain itu fasilitas penunjang juga diperbaiki," tutur Awaluddin, pada kesempatan sama.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini