nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ibu Hamil Minum Kopi, Bahayakah untuk Janin yang Dikandung?

Ibrahim Al Kholil, Jurnalis · Jum'at 17 Januari 2020 12:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 17 481 2154186 ibu-hamil-minum-kopi-bahayakah-untuk-janin-yang-dikandung-Rr2tigSwjm.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SELAMA hamil pencinta kopi pasti merasa was-was, apakah sebenarnya boleh minum kopi atau tidak. Bahkan banyak beredar mitos larangan minum kopi bagi ibu hamil.

Demi kebaikan perkembangan janin di dalam kandungan, setiap ibu hamil harus membatasi konsumsi makanan dan minuman tertentu. Kalau tidak, risiko buruk akan muncul selama masa kehamilan Anda.

hamil

Juga dengan minum kopi yang diklaim dapat membuat ibu hamil keguguran. Serta saat bayi lahir, berat badannya bisa rendah.

Mungkin bagi Anda yang sudah menjadikan kopi sebagai salah satu minuman favorit akan merasa keberatan dengan pendapat di atas. Anda pasti akan mencari tahu kebenaran tentang efek kafein pada ibu hamil.

Dikutip Okezone dari buku Fakta 101 Mitos Kesehatan, pernyataan resmi dari American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) menyatakan, minum kopi atau minuman berkafein lainnya tidak meningkatkan risiko keguguran pada ibu hamil.

hamil

Asalkan, jumlah kopi atau teh yang dikonsumsi setiap harinya dibatasi menjadi satu sampai dua cangkir atau setara dengan 200 mg kafein. Hal itu disebabkan, karena kopi bisa menghambat penyerapan zat besi dan zinc, yang bisa menyebabkan anemia pada ibu dan bayinya.

Karena ibu hamil wajib melengkapi pola makannya dengan sayuran kaya zat besi dan zinc. Meski dibolehkan dengan catatan tidak melebihi 200 miligram kafein, akan lebih baik jika Anda berkonsultasi lagi dengan dokter kandungan Anda. Karena dokter Anda jauh lebih memahami kondisi kehamilan Anda.

Lebih baik menahan diri untuk minum kopi selama kehamilan, dibanding Anda harus melihat si kecil mengalami sesuatu yang tidak diinginkan ya Moms!

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini