3 Warga Singapura Terdiagnosis Pneumonia Misterius dari Tiongkok

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 17 Januari 2020 14:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 17 481 2154255 3-warga-singapura-terdiagnosis-pneumonia-misterius-dari-tiongkok-utWFhe9WbN.jpg Pneumonia Misterius Mengancam Para Pelancong (Foto: Strait Times)

Pneumonia misterius Tiongkok masih menjadi teka-teki besar dunia. Penyakit ini masih belum diketahui penyebabnya sekali pun masih dalam kelompok penyakit akibat virus korona.

Kabar terbaru dari Kementerian Kesehatan Singapura menjelaskan bahwa telah ditemukan 3 warga Singapura terdiagnosa penumonia misterius ini dan mereka diisolasi dari lingkungan setelah diagnosa keluar pada Kamis, 16 Januari 2020.

"Pasien sudah dirawat intensif di rumah sakit dan diisolasi sebagai upaya pencegahan penularan penyakit," terang juru bicara Kementerian Kesehatan Singapura, seperti dikutip dari laman Asia One. Ketiga pasien ini dikatakan kondisinya stabil.

Dari informasi yang didapat, salah seorang pasien baru pulang dari Pasar seafood Huanan yang mana lokasi itu diduga adalah sumber utama virus pertama kali ditemukan. Investigasi sedang dilakukan untuk mengetahui apakah penyakitnya terkait dengan pneumonia misterius dari Tiongkok.

Selain pria tersebut, dua orang yang lain sebelumnya telah terdiagnosa membawa virus misterius dari Wuhan. Dua orang tersebut ialah perempuan berusia 26 tahun dan seorang gadis berusia tiga tahun, mereka berkewarganegaraan China.

Penyakit pneumonia misterius ini sudah menewaskan seorang lansia berusia 61 tahun pada 9 Januari 2020. Sebelum meninggal dunia, pria ini terdiagnosa terserang virus baru yang dikaitkan dengan pneumonia misterius China. Kabar terbaru, jatuh lagi korban jiwa, sehingga total sudah dua orang meninggal akibat penyakit misterius ini.

WHO sendiri mengeluarkan pernyataan bahwa penyakit yang diketahui berasal dari virus korona ini menyebabkan efek luar biasa di tubuh manusia. Jadi, setelah virus menyerang, pasien akan mengalami sindrom pernapasan akut yang parah.

Menjadi ancaman yang nyata bagi masyarakat dunia karena sebentar lagi akan dirayakan Tahun Baru Imlek dan Tiongkok menjadi negara tujuan yang diincar banyak orang. Karena itu, beberapa negara mengeluarkan siaga tinggi dengan pemeriksaan ketat di bandara setiap negara.

Selain di Singapura, wabah misterius ini sudah menyerang satu orang di Jepang. Selain itu, Vietnam sudah mengisolasi dua wisatawan asal Wuhan, Tiongkok, sebagai bentuk pencegahan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini