nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cuci Tangan Diklaim 80 Persen Efektif Cegah Penularan Pneumonia

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 17 Januari 2020 17:51 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 01 17 481 2154432 cuci-tangan-diklaim-80-persen-efektif-cegah-penularan-pneumonia-AbGdmAwBRk.jpg Cuci tangan mencegah penyakit (Foto: Hello Magazine)

Kasus pneumonia yang menerjang wilayah Wuhan, China berhasil menyita perhatian masyarakat sejak beberapa waktu lalu. Terlebih penyakit menular ini telah menyebar ke negara tetangga seperti Thailand, Singapura, Jepang dan beberapa negara lainnya.

Meski demikian masyarakat diimbau untuk tidak khawatir dengan munculnya kasus pneumonia. Sebab penyakit ini bisa diantisipasi dengan pola hidup sehat dengan rutin mencuci tangan.

 cuci tangan

Mencuci tangan adalah salah satu komponen dari Pencegahan dan Pengendalian Infeksi (PPI). Oleh sebab itu hanya dengan rutin mencuci tangan maka seseorang bisa menghindari banyak penyakit maupun penularan virus, salah satunya pneumonia yang mewabah di Negeri Tirai Bambu.

“Dari cuci tangan ini tingkat efektifitasnya cukup tinggi bisa sampai 80 persen lebih. Kadang-kadang tangan kita memegang sesuatu terutama saat di rumah sakit,” terang Dokter Agus saat diwawancarai Okezone di rumah PDPI, Jakarta Timur, Jumat (17/1/2020).

Selain di rumah sakit, penularan virus juga dapat terjadi dengan mudah melalui fasilitas publik, salah satunya adalah angkutan umum. Tanpa disadari bakteri dan penyakit dari setiap orang menempel dan menyebar melalu kontak fisik dari benda mati.

“Ada orang batuk di angkutan, kemudian batuknya kena pegangan kendaraan, kemudian dipegang. Saat masuk, terpegang dan lupa terus kucek-kucek, itu sudah menularkan kuman. Oleh karena itu seseorang harus paham betul kalau berada di daerah-daerah yang berisiko, cuci tangan itu penting. Kadang tangan manusia menjadi tempat penyaluran kuman,” lanjutnya.

Terkait dengan kasus pneumonia yang sudah menyebar hingga ke beberapa negara tetangga di Asia, Dokter Agus pun memberikan beberapa tips yang harus dilakukan masyarakat jika terpaksa berkunjung ke daerah yang terjangkit wabah pneumonia. Salah satunya adalah terus menjaga kesehatan tubuh dengan baik.

“Jaga kesehatan, imunitas juga ditentukan nutrisi, makan cukup karena imunitas ditentukan oleh nutrisi dan istirahat. Kalau imunitas turun maka mudah mengalami infeksi. Untuk mencegah penyebaran virus sampai keluar negeri itu penting, caranya tadi dengan selalu cuci tangan terutama saat hendak makan,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini