Pilah-Pilih Pelembap untuk Kulit Berminyak, Ini Panduannya!

Pradita Ananda, Jurnalis · Jum'at 17 Januari 2020 16:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 01 17 611 2154330 pilah-pilih-pelembap-untuk-kulit-berminyak-ini-panduannya-fBRrydkytM.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

ADA begitu banyak jenis pelembap di pasaran. Namun, bagi mereka yang memiliki problema kulit berminyak memilih pelembap tidak semudah membalik telapak tangan.

Banyak dari mereka yang memiliki kulit berminyak masih menganggap bahwa kulit jenis ini tidak perlu lagi pakai pelembap. Padahal, menurut pakar kesehatan kulit, apapun jenis kulit Anda tetap perlu pakai pelembap agar tekstur kulit tetap terjaga kesehatan dan kelembapannya.

Nah, masalahnya apakah semua pelembap cocok untuk kulit berminyak? Ternyata memilih pelembap untuk kulit berminyak tidak boleh sembarangan. Pemilihan pelembap pada tipe kulit ini harus dilakukan dengan hati-hati.

Maka, Okezone mencoba merangkum penjelasan pakar kesehatan kulit, dr. Karunia Ramadhan dari klikdokter.com serta dari berbagai sumber tentang beberapa hal yang wajib Anda perhatikan saat memilih pelembap untuk kulit berminyak.

Baca label pada pelembap

Bila Anda termasuk golongan kulit berminyak pilihlah pelembap oil-free dan tidak bersifat komedogenik. Pelembap oil-free akan tetap menjaga hidrasi kulit tanpa menambahkan kadar minyak di permukaan kulit. Produk dengan keterangan non-comedogenic telah diuji pada kulit berminyak atau berjerawat, dan biasanya tidak menyebabkan jerawat bertambah parah ataupun munculnya komedo/jerawat baru.

Perhatikan bahan-bahan yang ada di dalam kandungan pelembap yang akan Anda pilih.

Cek kandungan di dalam pelembap

Perhatikan bahan-bahan yang ada di dalam kandungan pelembap yang akan Anda pilih. Pahami jenis kandungan yang akan membuat tampilan kulit jadi lebih halus dan mana yang mungkin justru akan memperburuk keadaan kulit berminyak.

Bahan dasar air biasanya memiliki kandungan dengan akhiran –icone, contohnya silicone atau dimethicone. Dimethicone akan mampu melembapkan sekaligus membuat tampilan kulit lebih matte.

Pelembap yang mengandung asam laktat, asam glikolat, atau asam salisilat akan meningkatkan pergantian kulit, sehingga kulit berminyak tidak terlihat kusam. Minyak alamiah seperti minyak jojoba, minyak alpukat, atau minyak zaitun juga baik untuk menghaluskan dan menghidrasi kulit berminyak.

Hindari pelembap yang memiliki kandungan parafin atau cocoa butter yang justru dapat menyebabkan sumbatan pori.

Perhatikan tekstur pelembap

Pelembap memiliki variasi tekstur, dari yang paling ringan yaitu gel atau losion hingga yang berat seperti krim. Pada kulit berminyak, pilih pelembap dengan tekstur gel atau losion. Hindari pelembap dengan tekstur krim yang kental.

pilih pelembap dengan tekstur gel atau losion. Hindari pelembap dengan tekstur krim yang kental.

Tabir surya sebagai pelembap

Sebagai pilihan lain, Anda juga dapat menggunakan tabir surya sebagai pelembap. Pelembapnya untuk menjaga hidrasi kulit, sementara kandungan tabir suryanya berguna untuk melawan efek tidak baik matahari sehingga kulit tetap cerah dan tidak cepat menua.

Namun, perlu diperhatikan tabir surya yang sesuai untuk kulit berminyak, karena alih-alih ingin membuat kulit lebih sehat malah kulit berjerawat yang didapat, mengingat tekstur produk tabir surya yang terlalu kental dapat menyumbat pori-pori.

Praktikkan pola hidup sehat

Di samping penggunaan pelembap, hidrasi dan nutrisi dari dalam tubuh tetap diperlukan. Mulai sekarang, miliki pola makan yang lebih teratur dan bergizi. Penuhi kebutuhan cairan, makan cukup buah dan sayuran, dan berolahraga teratur dapat membantu menjaga keseimbangan tubuh secara keseluruhan.

Kulit kita membutuhkan hidrasi baik dari dalam maupun dari luar. Karena itu, kita harus mampu memenuhi kebutuhan cairan tubuh agar kulit terhidrasi dengan baik dari dalam, dan tidak lupa untuk mengaplikasikan pelembap pada permukaan luar kulit.

Jadi, sekali pun kulit Anda berminyak, tetap memerlukan pelembap. Bila masih ragu dengan produk perawatan dan kosmetika yang sesuai untuk kulit berminyak Anda, segera kunjungi dokter kulit langganan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini