nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Berkutat dengan Smartphone Sebelum Tidur Berisiko Merusak Mata

Nada Husna, Jurnalis · Sabtu 18 Januari 2020 18:30 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 01 18 481 2154799 berkutat-dengan-smartphone-sebelum-tidur-berisiko-merusak-mata-NyyOZpx59W.jpg Ilustrasi. (Foto: Boldsky)

SETIAP orang pasti hidupnya tak pernah lepas dari smartphone. Smartphone selalu ada di genggaman tangan kapanpun itu.

Dari saat membuka mata di pagi hari hingga memejamkan mata untuk tidur, Anda pasti selalu terpaku pada smartphone. Banyak aktivitas yang dilakukan, misalnya saja berselancar di media sosial atau memeriksa email yang masuk dari kantor.

Jangan terus-menerus berkutat dengan smartphone karena ada dampak yang tidak baik untuk kesehatan. Salah satunya bisa berdampak pada mata dan memori otak Anda. Dilansir Okezone dari Boldsky, Sabtu (18/1/2020), berikut ulasan selengkapnya.

1. Merusak retina

mata

Cahaya biru yang dipancarkan oleh ponsel, khususnya smartphone memiliki panjang gelombang terpendek yang lebih berkedip. Hal ini memengaruhi penglihatan dan dalam jangka waktu yang lama, bahkan dapat merusak retina.

Menurut American Macular Degeneration Association, cahaya biru yang dipancarkan dari telepon menyebabkan kerusakan pada retina secara permanen. Akibatnya juga bisa berdampak pada risiko degenerasi makula.

2. Berdampak pada memori

Bertolak belakang dengan namanya yang dijuluki ponsel pintar, eksposur yang berlebihan pada gawai dapat memengaruhi otak Anda. Penggunaan ponsel pada malam hari, terutama sebelum tidur dapat membuat otak Anda tidak dapat memperbaiki koneksi yang rusak pada siang hari.

Hal tersebut merupakan salah satu alasan utama, mengapa Anda tidak dapat berpikir jernih, setelah malam harinya Anda masih berkutat dengan smartphone dan kurang tidur.

3. Mata menjadi tegang

Ketika ruangan gelap, tapi Anda menatap layar ponsel yang memancarkan cahaya biru langsung mengenai mata, dapat menyebabkan mata Anda menjadi tegang dan sakit. Jika berlangsung lama, itu dapat merusak penglihatan Anda secara permanen lho!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini