nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Terbiasa Main Smartphone Sebelum Tidur Malam, 3 Dampak Ini Bisa Mengintai

Nada Husna, Jurnalis · Sabtu 18 Januari 2020 20:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 01 18 481 2154826 terbiasa-main-smartphone-sebelum-tidur-malam-3-dampak-ini-bisa-mengintai-8c5BuvQ79A.jpg Ilustrasi. (Foto: Mykotori)

DAMPAK dari keseringan bermain smartphone bisa berbahaya untuk kesehatan. Selain memengaruhi durasi tidur, terjadi pula peningkatan risiko depresi.

Terlebih ketika Anda melakukan kebiasan bermain smartphone sebelum tidur malam. Malahan Anda memaksa diri untuk melihat layar terang smartphone di ruangan yang gelap.

Okezone pun mengulas tiga dampak buruk ketika Anda terbiasa bermain smartphone sebelum tidur malam. Yuk simak artikelnya berikut ini, dilansir Okezone dari Boldsky, Sabtu (18/1/2020).

1. Peningkatan risiko depresi

smartphone

Menatap smartphone ketika Anda seharusnya tidur tidak hanya memengaruhi kesehatan fisik Anda, tetapi juga kesehatan mental Anda. Ketika cahaya biru dari layar ponsel mengganggu hormon dan pola tidur Anda, kemudian menjadi rentan depresi.

Selain itu, tingkat energi yang juga rendah di siang hari, dikombinasikan dengan pemikiran kabur karena kurang tidur. Sehingga dapat memicu rasa lemah emosional dan mental.

2. Risiko kanker lebih tinggi

WHO menyatakan, ponsel dapat menjadi penyebab kanker bagi manusia. Karena smartphone memancarkan radiasi elektromagnetik yang telah dikaitkan dengan jenis kanker tertentu.

Paparan sinar biru yang berkepanjangan juga berpengaruh pada siklus tidur, di samping dapat meningkatkan risiko kanker payudara dan prostat.

3. Memengaruhi durasi tidur

Cahaya biru yang dipancarkan oleh ponsel memengaruhi produksi melatonin. Melatonin adalah salah satu hormon yang membantu seseorang untuk tidur dan mengatur siklus tidur.

Penggunaan smartphone secara teratur di malam hari sebelum tidur, dapat menyebabkan kurang tidur karena pikiran Anda mungkin terlalu bersemangat atau diaktifkan. Selain itu, keinginan kompulsif untuk memeriksa smartphone Anda dapat menyebabkan penundaan waktu tidur dan mengurangi total waktu tidur.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini